Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 15:19 WIB
Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tahan Lama Ilustrasi. Cara membuat kentang goreng yang tepat memberikan rasa yang lebih gurih dan renyah yang tahan lama. (StockSnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kentang goreng kerap jadi camilan favorit banyak orang saat kongko di kafe. Cara membuat kentang goreng yang tepat bisa memberikan rasa yang lebih nikmat.

Kentang goreng umumnya disajikan bersama saus sambal atau mayones.

Kentang goreng yang biasa disajikan di restoran cepat saji umumnya disukai banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah kerap menggoda selera.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kentang goreng renyah seperti yang disajikan di restoran cepat saji.

1. Kentang yang tepat
Untuk membuat french fries, Anda memerlukan kentang dengan kandungan pati yang tinggi. Kementerian Pertanian RI sendiri sudah mengembangkan jenis kentang khusus untuk french fries.

Mengutip situs Agrotani, jenis kentang yang cocok digunakan untuk french fries di antaranya eigenheimer, siro, baraka, thung, cardinal, rector, alpha, mariike, rapan, katella, dan arka.

2. Siapkan kentang
Siapkan wadah besar berisi air dan perasan lemon sebelum mulai mengupas kentang. Setelah dikupas, rendam kentang di dalam air tersebut untuk menghindari perubahan warna akibat proses oksidasi.

Potong dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan ketebalan seragam agar kentang bisa matang bersamaan saat digoreng.

Setelah semua kentang dipotong, ganti air yang digunakan untuk merendam. Ganti hingga air cukup terlihat bening.

Sembari menyiapkan minyak, rendam kentang bersama air, perasa lemon, dan es batu serta simpan dalam kulkas.

3. Minyak canola
Mengutip The Spruce Eats, minyak kacang olahan merupakan minyak terbaik untuk menggoreng kentang. Namun, sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan minyak canola. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga aman saat dipanaskan dengan suhu tinggi.

4. Teknik menggoreng dua kali
Kentang perlu digoreng dalam dua tahap penggorengan. Pertama, kentang digoreng dengan temperatur cukup rendah untuk mematangkan bagian dalam. Kedua, kentang digoreng dalam temperatur tinggi untuk membuatnya renyah dan berwarna keemasan.

Anda perlu meniriskan kentang terlebih dahulu untuk menghindari letupan. Siapkan pula wadah berlapis kertas makan khusus untuk menyerap minyak setelah menggoreng.

Panaskan minyak hingga 300 derajat Fahrenheit atau sekitar 130 derajat Celcius. Untuk mencapai suhu ini, Anda musti menyiapkan termometer khusus yang ditempel pada penggorengan.

Mengutip My Recipe, sebaiknya goreng kentang selama 5 menit dan aduk sesekali. Saat diangkat, sebisa mungkin kentang masih berwarna pucat. Tiriskan kentang sembari kembali memanaskan minyak.

Pada tahap kedua, panaskan minyak hingga suhu antara 380 derajat Fahrenheit atau sekitar 193 derajat Celcius. Goreng kentang selama 5 menit hingga warnanya berubah cokelat keemasan. Aduk sesekali, angkat dan tiriskan.

5. Langsung beri garam atau bumbu
Setelah ditiriskan, langsung taburi kentang dengan bumbu atau garam. Saat kentang masih panas dan berlumur minyak, bumbu atau garam akan langsung menempel pada kentang.

[Gambas:Video CNN]




(els/asr)