WNI Positif Corona, Kenali Cara Pencegahannya

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2020 13:13 WIB
Dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif infeksi virus corona. Beberapa langkah bisa diambil untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19. Ilustrasi. Dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif infeksi virus corona. Beberapa langkah bisa diambil untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Virus corona telah ditemukan di Indonesia. Dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif infeksi virus corona atau Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan, seorang ibu (64) dan putrinya (31) terinfeksi setelah berkontak dengan seorang warga negara (WN) Jepang yang positif virus corona.

"Tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes [Terawan] bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," kata Jokowi di Jakarta, Senin (2/3). Saat ini, dua orang positif virus corona telah dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.


Dengan telah terkonfirmasinya virus corona di Indonesia, kita harus lebih waspada. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk melindungi diri dari virus corona.

1. Mencuci tangan
Mencuci tangan memang terlihat sepele. Namun, baik Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong semua orang untuk rajin mencuci tangan.

Tangan merupakan 'alat transportasi' kuman, bakteri, dan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Tanpa sadar, orang kerap memegang mulut, hidung, dan mata dalam kondisi tangan tidak steril.

Anda disarankan untuk mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung, dan mata. Apalagi jika sebelumnya Anda baru menyentuh beberapa fasilitas publik. Jangan lupa juga mencuci tangan sebelum makan.

Cuci tangan dengan sabun antiseptik. Agar hasilnya maksimal, gosok tangan selama sekitar 20 detik atau setara dengan lagi "Happy Birthday".

2. Hand sanitizer
Dalam kondisi tertentu, Anda kadang tidak menemukan tempat mencuci tangan yang layak. Anda pun bisa menggunakan hand rub atau hand sanitizer. Pilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70-80 persen.

3. Menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk
Saat batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau sapu tangan. Ini untuk mencegah penularan penyakit lewat udara.

Hindari menutup hidung dan mulut dengan tangan. Sebab tanpa sadar tangan malah memindahkan bibit penyakit lewat benda-benda yang disentuh. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutup hidung dan mulut dengan siku tangan bagian dalam.

4. Menggunakan masker
Mereka yang mengalami masalah pada pernapasan misalnya batuk dan pilek sebaiknya mengenakan masker. Ini untuk mencegah penyakit tidak menular ke orang lain.

5. Cek suhu tubuh
Kenaikan suhu tubuh jadi penanda atau gejala suatu penyakit termasuk infeksi virus corona. Penting untuk selalu memantau suhu tubuh.

"Suhu normal tubuh itu 37,2 derajat Celcius. Lebih dari itu sudah tergolong tinggi. Sebaiknya, periksakan ke dokter dan istirahat di rumah," kata dokter spesialis paru RSPI Sulianti Saroso, Adria Rusli dalam Sosialisasi Penyakit Virus Corona di CT Corp, Jakarta beberapa waktu lalu.

Jika Anda mengalami gejala suhu tubuh tinggi, disarankan untuk beristirahat atau memeriksakan diri ke dokter.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK