Cara Mencegah Jamur pada Tas dan Pakaian

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 10:56 WIB
Musim hujan mempermulus jamur berkembang biak di sepatu atau tas Anda. Sejumlah tips bisa Anda coba agar hal buruk itu tak terjadi. Ilustrasi: Musim hujan mempermulus jamur berbiak di pelbagai barang juga perkakas Anda, ketahui cara untuk mencegahnya. (Foto: qiye/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan dan cuaca lembap membuat jamur semakin bertebaran. Jamur-jamur itu gemar mengincar barang-barang seperti tas, sepatu, jaket, dan pakaian lainnya.

Jamur yang menggerogoti itu dapat menyebabkan bahan alami pada pakaian mengalami biodegradasi atau kerusakan. Akibatnya, tas dan pakaian bisa berubah warna, menipis, dan rusak sehingga tak bisa dikenakan kembali.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan membersihkan jamur pada tas, sepatu, dan pakaian. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mencegah jamur pada tas, sepatu dan pakaian.



1. Mengeluarkan barang-barang dari lemari
Rutin mengeluarkan barang-barang dari lemari penyimpanan dapat mencegah jamur. Dikutip dari SCMP, jamur gemar berkembang biak di tempat yang gelap dan lembap seperti dalam kotak atau lemari.

Oleh karena itu, rutinlah mengeluarkan barang dari lemari agar terpapar cahaya dan mendapatkan udara yang segar.

2. Sirkulasi udara
Pastikan barang-barang berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dehumidifier atau alat untuk mengurangi kelembapan udara dapat digunakan untuk mencegah jamur.

3. Bersihkan jamur atau noda yang menempel
Periksa setiap bagian tas, sepatu, dan pakaian. Bersihkan noda dan kotoran yang terlihat menempel. Noda dan kotoran yang tak dibersihkan merupakan sumber jamur.


4. Susun barang dengan rapi
Susun kembali barang-barang dengan rapi dan memiliki sejumlah ruang. Semakin penuh lemari tas dan pakaian, semakin besar kemungkinan jamur berkembang biak. Lepaskan juga kantong plastik dry-cleaning karena justru dapat membiakkan jamur.

Untuk tas dan sepatu, gunakan tas kain atau plastik yang memiliki sirkulasi udara. Pisahkan pula setiap barang dengan tisu atau menggunakan gel silika.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)