Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Murah Meriah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 18:06 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Murah Meriah Ilustrasi. Beberapa cara alami bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dengan murah meriah. (Istockphoto/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jerawat bisa jadi mimpi buruk. Pori-pori tertutup kotoran, polusi, produk skincare yang tidak tepat, dan paparan sinar matahari jadi kombinasi 'kombo' penyebab jerawat. Tak cukup sampai di situ, jerawat juga masih jadi teror saat meninggalkan bekas.

Bekas luka jerawat timbul akibat lesi yang meradang dan merusak jaringan kulit. Kulit pun berusaha memperbaiki dirinya sendiri kemudian membentuk jaringan parut yang dikenal sebagai bekas jerawat. Ada sekian banyak perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti microdermabrasion, chemical peeling, dermal grafting, dan laser. Namun, cara-cara itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Alih-alih mengeluarkan kocek berlebih, beberapa cara berikut bisa membantu Anda menghilangkan jerawat dengan cara yang jauh lebih murah, mengutip Boldsky.


1. Perasan lemon
Lemon bisa membantu Anda mengatasi jerawat dan bekasnya. Vitamin C pada lemon mampu menenangkan jerawat dan mencerahkan area bekas jerawat.

Cukup siapkan satu sendok makan perasan lemon. Celupkan kapas pada perasan lemon dan tepuk-tepuk pada bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan setiap hari hingga menunjukkan perubahan.

Namun, perlu dicatat, terapi dengan perasan lemon tak dianjurkan diaplikasikan pada kulit sensitif karena bisa menimbulkan iritasi.

2. Madu dan kayu manis
Madu merupakan pelembap alami yang membuat kulit tetap kenyal dan cerah. Sedangkan kayu manis memiliki komponen antibakteri yang dapat mencegah bakteri penyebab jerawat.

Siapkan masing-masing satu sendok makan madu dan bubuk kayu manis. Campur keduanya dan aplikasikan pada bekas jerawat sebelum tidur. Bilas saat bangun tidur dan keringkan. Gunakan 3-4 kali dalam seminggu.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat buat kulit, termasuk mengatasi bekas jerawat. Kaya akan kandungan vitamin E, minyak kelapa mampu membantu regenerasi sel kulit dan mendorong produksi kolagen.

Ambil minyak kelapa secukupnya. Letakkan pada telapak tangan dan gosok hingga terasa hangat. Aplikasikan pada bekas jerawat dan diamkan selama semalaman. Bilas pada pagi hari. Ulangi penggunaan hingga muncul hasil yang diinginkan.

5. Lidah buaya
Lidah buaya bisa jadi solusi untuk sebagian besar masalah kulit. Tak heran jika lidah buaya digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit.

Lidah buaya mengandung komponen antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya segar atau gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Usahakan memilih produk yang tanpa kandungan alkohol. Oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama semalaman dan bilas di pagi harinya.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)