Met Gala 2020 Ditunda karena Corona

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 18:13 WIB
Met Gala 2020 Ditunda karena Corona Aktris Katy Perry dalam Met Gala 2019. (Charles Sykes/Invision/AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu agenda fashion terbesar, Met Gala, harus ditunda akibat merebaknya virus corona. Gelaran tahunan ini sejatinya akan digelar pada 4 Mei mendatang.

Penundaan Met Gala 2020 berarti juga menunda gelaran penggalangan dana.

"Karena keputusan yang tak terhindarkan dan bertanggung jawab oleh Metropolitan Museum untuk menutup pintunya, About Time, dan malam pembukaan tak akan sesuai jadwal," tulis Anna Wintour, pemimpin redaksi majalah fashion Vogue, seperti dikutip dari Vogue.


Sebelumnya, Metropolitan Museum mengumumkan penutupan sementara pada Jumat (13/3).

"Museum akan tetap ditutup hingga Sabtu, 4 April 2020. Ditambah, CDC (Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat) mengimbau selama akhir pekan tidak disarankan ada 50 orang orang atau lebih berkumpul hingga 8 minggu ke depan. Berdasarkan petunjuk ini, semua program dan acara hingga 15 Mei 2020 akan dibatalkan atau ditunda," tulis pihak museum dalam sebuah pernyataan resmi dikutip dari CNN.

Met Gala 2020 Ditunda karena CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Met Gala merupakan gelaran 'red carpet' tahunan yang diinisiasi oleh Wintour. Bukan cuma ajang pamer busana biasa, Met Gala juga menggelar penggalangan dana untuk Costume Institute di museum. Gelaran ini rutin diadakan pada Senin di permulaan Mei tiap tahun sejak 2005. Ini juga sebagai penanda permulaan pameran musim semi.

Tahun ini Met Gala mengambil tema 'About Time: Fashion and Duration' yang disponsori oleh label Louis Vuitton. Tema dijabarkan sebagai representasi perjalanan sejarah fashion mulai 1870 hingga kini.

Hanya mereka yang diundang yang bisa hadir. Itu pun mereka harus membayar tiket seharga US$30ribu (Rp452,3 juta).

Meski rutin diadakan tiap tahun, bukan berarti Met Gala tidak pernah meleset dari jadwal. Pada 1963, Met Gala tidak diadakan sama sekali menyusul pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Kemudian pada 2002 akibat peristiwa 9/11.

[Gambas:Video CNN] (els/stu)