7 Buah untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 12:44 WIB
Imun yang kuat jadi faktor penting melindungi tubuh di tengah wabah corona. Beberapa buah diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh. Ilustrasi: Imun yang kuat jadi faktor penting melindungi tubuh di tengah wabah corona. Beberapa buah diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh. (Foto: GutundTasty/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor penting di tengah wabah infeksi virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Beberapa buah-buahan diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh.

Imun tubuh yang kuat dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit.

Selain suplemen dan rempah-rempah, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa buah yang diketahui efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.


Berikut sederet buah untuk menjaga daya tahan tubuh, mengutip berbagai sumber.

1. Jeruk
Vitamin C dipercaya sebagai salah satu nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, vitamin C diklaim dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi infeksi.

Mengutip Healthline, hampir semua buah jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Mulai dari jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, dan clementine.

2. Pepaya
Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Anda dapat mendapatkan 224 persen dari jumlah vitamin C harian dalam satu pepaya.

Selain itu, pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain. Nama terakhir membantu tubuh melawan peradangan.

Pepaya juga memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup. Kesemuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Kiwi
Seperti halnya pepaya, secara alami kiwi penuh dengan nutrisi penting, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi pada kiwi lainnya dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik.

4. Blueberry
Blueberry mengandung jenis flavonoid yang disebut anthocyanin. Kandungan ini bersifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip Medical News Today, sebuah studi pada 2016 mencatat bahwa flavonoid berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti menemukan, orang yang kaya asupan flavonoid lebih kecil kemungkinan terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

5. Elderberry
Elderberry dikenal sebagai obat tradisional sejak dahulu kala. Buah ini sarat dengan nutrisi yang mengandung antioksidan.

Mengutip WebMD, beberapa penelitian menyebutkan, ekstrak elderberry dapat membantu memblokir virus flu.

6. Semangka
Tak hanya menyegarkan, semangka juga kaya akan senyawa antioksidan yang disebut glutathione. Senyawa ini memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi.

Untuk mendapatkan glutathione terbaik dalam semangka, Anda bisa memakan bagian daging merah yang paling dekat dengan kulitnya.

7. Delima
Orang-orang Mesir Kuno kerap menggunakan buah dengan warna yang mencolok untuk mengobati infeksi. Sejauh ini, sebagian besar penelitian menyebutkan bahwa ekstrak delima dapat membantu tubuh melawan bakteri dan virus.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)