5 Tips Agar Termotivasi untuk Berolahraga di Rumah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 06:52 WIB
5 Tips Agar Termotivasi untuk Berolahraga di Rumah Secara tidak langsung, self isolation membuat Anda lebih memilih bersantai daripada berolahraga. Beberapa tips yang bisa memotivasi untuk berolahraga di rumah. ( jeviniya/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Secara tidak langsung, self isolation membuat seseorang melakukan segalanya di rumah, termasuk olahraga. Mereka yang biasanya tak punya waktu kini bahkan bisa meluangkan waktu untuk berolahraga.

Hanya saja, sering kali rumah membuat motivasi untuk bersantai lebih besar dibanding aktivitas lainnya.

Namun, pelatih olahraga David Wiener mengatakan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri dan melakukan olahraga dalam ruangan.


Berikut beberapa tips agar termotivasi untuk berolahraga di dalam rumah.

1. Buat jadwal dan patuhi
Atur waktu baik hari maupun jam selama seminggu untuk berolahraga. Cara ini dilakukan untuk memastikan Anda termotivasi dan rutin berolahraga.

Jika Anda melewatkan satu hari olahraga, tak perlu berkecil hati. Cukup upayakan untuk kembali pada jadwal yang ditetapkan.

2. Temukan komunitas
Karena tidak bisa ke pusat kebugaran, bukan berarti Anda tidak akan menemukan orang yang sama-sama ingin berolahraga. Menggunakan aplikasi untuk berolahraga malah membuat Anda menemukan komunitas virtual. Anda tetap bisa berolahraga dan merasa termotivasi karena ada tujuan yang kurang lebih serupa bersama komunitas.

Tak ada komunitas, cukup ajak teman, sahabat, atau pasangan untuk berolahraga. Anda bisa saling memberikan dukungan lewat video call atau media sosial.


3. Tentukan tujuan dan beri penghargaan
Salah satu cara untuk terus termotivasi adalah menentukan tujuan. Untuk memaksimalkan kesuksesan, ambil tujuan secara garis besar lalu jabarkan ke tujuan-tujuan kecil sehingga saat bisa tercapai, Anda akan lebih sering merayakan pencapaian Anda.

4. Variasi
Jika latihan terus diisi menu yang sama, maka Anda akan lebih cepat merasa bosan dan malas melakukannya. Satu sesi latihan hari ini dan hari berikutnya sebaiknya dibuat agak berbeda.

Anda bisa mendapatkan menu-menu latihan di aplikasi atau unggahan di media sosial.

5. Putar musik
Memutar musik bisa meningkatkan suasana hati dan semangat. Musik dengan ritme cepat dan lagu dengan lirik inspiratif bisa membantu Anda terus termotivasi.

Perbaharui daftar lagu dengan menambah lagu baru juga bisa meningkatkan semangat.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)