Cara Aman dan Nyaman Seduh Kopi di Rumah saat Self Isolation

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 18:42 WIB
Kopi bisa menjadi salah satu 'mood booster' saat self isolation. Berikut cara menyeduh kopi sendiri di rumah agar seperti di kedai. Ilustrasi: Kopi bisa menjadi salah satu 'mood booster' saat self isolation. Berikut cara menyeduh kopi sendiri di rumah agar seperti di kedai. (Foto: Padurariu Alexandru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kopi dikenal sebagai salah satu 'mood booster' terbaik untuk tubuh. Kopi bisa menjadi teman Anda selama melakoni self isolation dan social distancing. Secangkir kopi akan meningkatkan suasana hati Anda.

Anda tak perlu khawatir karena tak bisa bepergian membeli kopi-kopi kesukaan. Anda bisa menyeduh kopi sendiri di rumah.

Namun, perlu diingat, Anda harus meracik kopi dengan cara yang tepat. Apalagi di tengah wabah Covid-19 yang terus meluas.


Berikut cara aman menyeduh kopi di rumah saat self isolation.

1. Tangan selalu bersih
Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menyeduh kopi. Sesuai saran para ahli kesehatan, sebaiknya cuci tangan paling tidak selama 20 detik.

Pastikan tangan benar-benar bersih. Bersihkan tangan hingga ke sela-sela kuku dan jari. Beberapa orang pun mengkampanyekan cuci tangan dengan cara yang menyenangkan, baik dengan gerakan tari atau sambil menyanyi.

2. Peralatan higienis
Apapun metodenya, dari tubruk sampai pour over, pastikan alat-alat yang digunakan higienis. Bersihkan peralatan seduh secara berkala. Cuci bersih dan keringkan baru disimpan.


3. Cangkir kopi menarik
Diambil dari rilis resmi Otten Coffee, cangkir kopi menjadi salah satu faktor yang membuat orang gemar ke kedai kopi.

Cangkir kopi yang terbuat bahan kaca atau keramik khas kedai kopi kesayangan bisa meningkatkan mood dan membuat aktivitas menikmati kopi jadi lebih menyenangkan.

Oleh karenanya, agar ngopi terasa menyenangkan seperti di kedai kopi, gunakan cangkir kopi yang menarik. Bakal lebih menarik lagi jika per sajian kopi Anda menggunakan cangkir berbeda semisal cangkir keramik untuk cappuccino dan cangkir kaca untuk kopi hitam.

4. Eksperimen
Pasar kopi yang makin luas membuat orang makin kreatif mengolah kopi. Daripada terus-terusan membeli es kopi susu, Anda bisa membuatnya sendiri. Eksperimen ini malah membuat Anda leluasa menentukan takaran, tingkat rasa manis, dan kepekatan kopi.

Jika ingin mencari referensi pun, media sosial dan laman-laman pencarian menyediakan resep yang Anda perlukan.


5. Mulai dari biji
Minuman kopi yang segar berasal dari proses pengolahan biji. Tidak masalah jika memang Anda memilih untuk membeli kopi dalam bentuk bubuk. Namun, kopi yang masih berupa biji akan menawarkan cita rasa berbeda. Aroma dan rasanya masih kuat dan segar.

Ini pun juga perlu dibarengi alat-alat yang memadai seperti grinder atau penggiling biji kopi, alat ukur, juga alat yang sesuai dengan metode yang akan Anda gunakan.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)