10 'Agenda' Akhir Pekan Minggu Ini

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 15:06 WIB
Mal, kafe, dan bar masih tetap buka akhir pekan ini. Yang memilih di rumah, bisa melakukan beragam kegiatan rekomendasi awak CNNIndonesia.com ini. Ilustrasi akhir pekan bersama keluarga. (Pixabay.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berdiam diri di rumah selama akhir pekan ini, sebagai bentuk dukungan mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Mengurangi aktivitas bepergian berarti menjaga imun tubuh, yang diperlukan untuk menangkal virus penyakit seperti corona.

Tetap konsumsi makanan dan minuman yang sehat juga disarankan selama berada di rumah. Peregangan badan perlu juga dilakukan agar peredaran darah lancar.


Akhir pekan di rumah tak berarti cuma tidur, karena ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan, seperti yang direkomendasikan oleh awak CNNIndonesia.com berikut ini:


1. Haryanto Tri Wibowo, Editor Olahraga

Di tengah waktu yang tidak menentu saat melakukan isolasi diri di rumah, menarik untuk menyaksikan kembali dua balapan MotoGP yang membuat Valentino Rossi dan Marc Marquez bermusuhan hingga saat ini.

Balapan pertama terjadi di MotoGP Malaysia 2015 ketika Rossi dituduh menendang Marquez di lap ketujuh. Sementara insiden kedua terjadi pada MotoGP Argentina 2018 saat Marquez menabrak Rossi ketika balapan menyisakan empat lap.

Kedua balapan bersejarah itu membuat Rossi dan Marquez hingga kini bermusuhan di MotoGP. Video MotoGP Malaysia 2015 dan Argentina 2018 bisa disaksikan melalui akun YouTube resmi MotoGP berikut ini:

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

2. Fajrian, Desainer Grafis

Mengepel lantai menjadi salah satu kegiatan rutin saya di rumah setelah kabar wabah virus corona semakin menggawat.

Gunakanlah disinfektan untuk mengepel lantai, sehingga kegiatan leyeh-leyeh di rumah bisa tambah nyaman.

Jangan lupakan manfaat mengepel bagi tubuh, karena gerakan maju mundur bisa melatih otot yang biasanya kaku karena terlalu banyak duduk di kantor.

3. Ardita, Editor Wisata

Tetap berada di rumah saat akhir pekan menjadi kesempatan bagi saya untuk belajar hal baru, seperti bahasa Swedia dan cara membuat perabot dari kayu.

Kedua hal itu bisa saya pelajari melalui aplikasi di telepon genggam atau video di internet.

Walau tidak akan ke Swedia atau menjadi tukang kayu dalam waktu dekat, video-video tersebut cukup menghibur sembari menunggu pesanan makanan datang.

[Gambas:Youtube]

4. Christie Stefanie, Reporter Hiburan

Momen karantina mandiri menjadi kesempatan untuk membersihkan kamar kos.

Setelah bersih-bersih, waktu berakhir pekan di rumah bisa digunakan untuk menyaksikan sejumlah drama Korea baru, seperti 'Hospital Playlist' dan 'Memorist' atau binge-watching serial 'Locke and Key'.

Permainan gim daring seperti 'Superstar' juga bisa menjadi opsi jika bosan menonton serial.

[Gambas:Youtube]

5. Christina Andhika Setyanti, Editor Gaya Hidup

Bagi yang masih sibuk bekerja dari rumah seperti saya, bisa menyelingi hari dengan berjemur di bawah sinar matahari untuk menggantikan kegiatan olahraga (yang sebelumnya juga masih wacana).

Setelah itu, coba meracik jejamuan sendiri di rumah, seperti bikin air jahe dan air serai lemon untuk minum tiap pagi, bagus buat tambah imun tubuh.

Cara membuatnya gampang, cuma tinggal rebus air masukkan jahe dan serai yang sudah digeprek.

Tambahkan lemon iris ke dalamnya rebus sampai mendidih. Kalau ingin sedikit manis bisa tambahkan madu.

Jika masih ada waktu senggang, kontak teman-teman untuk video call.

6. M. Andika Putra, Reporter Hiburan

Mendengarkan musik sembari menggali lebih dalam musisi yang lagi sering didengarkan dan nonton film atau serial di layanan streaming menjadi hiburan saya di tengah kesibukan bekerja dari rumah.

Membaca berita terkini tentang perkembangan virus corona juga rutin dilakukan, sehingga bisa membagikan informasi kepada keluarga dan teman.

Pada akhir pekan ini saya berniat untuk melakukan 'ritual' yang selama ini selalu tertunda, yaitu mencuci koleksi sepatu.


7. Hanna Azarya Samosir, Writer Hiburan

Momen karantina mandiri menjadi kesempatan saya untuk mulai membaca buku yang sudah dibeli, tapi belum sempat dibaca, atau melihat ulang karya tulis apik.

Buku 'Brave New World' karya Aldous Huxley dan 'The Autumn of the Patriarch' karya Gabriel Garcia Marquez - yang tidak kenal sistem paragraf, titik, dan koma itu - akan menjadi santapan saya pada akhir pekan ini.

Bagi yang tidak punya buku baru, bisa juga dibuka lagi buku RPUL zaman sekolah, karena banyak pengetahuan menarik di sana.

10 Agenda Akhir Pekan Minggu IniThe Autumn of the Patriarch. (Harper Perennial Modern Classics)

8. Bisma Septalisma, Periset Foto

Karena punya banyak waktu di rumah, setiap pagi kini saya bisa mengantar istri beli sarapan, favorit kami pecel atau bubur ayam.

Sebelum membuka laptop saya juga mandi terlebih dahulu, demi mengusir rasa malas.

Buku favorit saya sampai saat ini 'Man, Mountain and Sea' karya Rony Zakaria dan 'Jouvenille Evolvere' karya Safir Makki (fotografer CNNIndonesia.com) tentunya.

Buku foto memang tidak murah, tapi ada banyak cara untuk menikmati karya mereka, seperti mengunjungi situs sang fotografer. Josh Estey masih jadi favorit saya sampe sekarang.

Selain itu, bermain dengan kucing dan burung peliharaan juga lumayan mengusir kebosanan.

9. Audhina, Product Manager

Biasanya saya jalan-jalan ke galeri atau museum untuk menikmati pameran lokal setiap akhir pekan.

Saat ini kebanyakan galeri dan museum ditutup, namun justru pada masa isolasi diri ini, saya punya kesempatan untuk mengunjungi pameran virtual yang dapat diakses di Google Arts & Culture.

Beberapa pameran virtual yang jadi pilihan saya adalah Van Gogh Museum di Amsterdam, Belanda dan Metropolitan Museum di New York, Amerika Serikat.

Jelajah virtual yang disediakan Google Arts & Culture ini cukup mumpuni karena selain menyediakan tampilan 360 derajat dengan resolusi tinggi, terdapat pula kuratorial yang disebut sebagai 'Online Exhibit', menceritakan karya-karya yang ada dengan alur dan narasi yang jelas, layaknya menjelajahi museum ditemani exhibition guide.

Selain jelajah virtual, beberapa museum di dunia juga menyediakan gratis akses menuju khazanah koleksinya untuk menemani masa isolasi diri, contohnya British Museum, London, Inggris.

Berikut link-linknya:

https://artsandculture.google.com/partner/van-gogh-museum?hl=en

https://artsandculture.google.com/partner/the-metropolitan-museum-of-art

https://www.britishmuseum.org/collection

10. Putra Permata Tegar Idaman, Writer Olahraga

Kalau di akhir pekan terkadang mengajak anak bermain di playground atau tempat wisata terbuka, saatnya untuk memanjakan anak di rumah. Anak pun bisa tetap senang meski tidak keluar rumah.

Bermain bersama anak, tentu sebagai orang tua harus bersiap jadi 'penjahat' dalam tokoh rekaan yang mereka ciptakan.

Bila mereka mau main polisi-polisian, kita harus siap jadi penjahat. Bila mereka ingin jadi superhero seperti Spiderman atau Superman, kita harus bersiap jadi monster, dan seterusnya.

Jangan terlalu memusingkan kondisi rumah yang bakal berantakan, yang terpenting, rumah sudah dipel dan dibersihkan di pagi hari agar tidak ada kuman.

Istri juga harus diperhatikan. Bisa dengan agenda masak bersama atau nonton film di rumah bersama. Kalau lelah, tidak perlu memaksa masak, melainkan bisa dengan delivery.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)