Lepas Cemas karena Corona, Lakukan Relaksasi dengan Ibu Jari

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 19:09 WIB
Cara relaksasi sederhana ini berpusat pada ibu jari. Ibu jari menjadi titik kegelisahan pada tubuh manusia yang bisa menimbulkan rasa sakit fisik. Ilustrasi. Ibu jari menjadi titik kegelisahan pada tubuh manusia yang bisa menimbulkan rasa sakit fisik. (Istockphoto/mirzamlk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat kepala terus menerus terpapar informasi mengenai pandemi Covid-19, kecemasan yang muncul adalah hal yang wajar. Tak hanya infeksi yang mewabah, tapi juga kepanikan.

Bentuk kepanikan tersebut bermacam-macam. Mulai dari kepanikan yang mendorong seseorang untuk secara impulsif membeli sejumlah barang yang belum diperlukan hingga kecemasan yang berujung pada menurunnya daya tahan tubuh.

Pandemi Covid-19 tak ubahnya peristiwa yang terjadi di luar dugaan dan terjadi secara tiba-tiba. Bermula di Wuhan, China pada akhir 2019 dan terus menjajaki negara-negara lainnya di penjuru dunia, termasuk Indonesia pada awal Maret 2020. Cemas? Wajar saja.


"Wajar, karena memang itu [cemas adalah] sifat alamiah [yang muncul] saat hadir berbagai macam kejadian di luar dugaan. Manusia langsung berpikir mencoba mencari jalan keluar karena rasa ingin survive," ujar Associate Facilitator Rumah Remedi, Agustinus Gibran pada CNNIndonesia.com, Selasa (24/3). Rumah Remedi merupakan salah satu pusat wellbeing di Jakarta.

Dalam kondisi seperti ini, pria yang akrab disapa Tinus ini menyarankan untuk berpandai-pandai memilah rasa. Pasalnya, kecemasan hanya lah rasa yang hadir. Jika didiamkan, kecemasan malah akan menimbulkan pikiran-pikiran yang tak diinginkan dan rasa takut akan sesuatu yang belum terjadi.

Untuk mengatasi kekhawatiran berlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, Anda bisa mencoba cara relaksasi sederhana di rumah.

Cara relaksasi sederhana ini berpusat pada ibu jari. Founder Rumah Remedi, Ferry Fibriandani mengatakan, ibu jari adalah titik kegelisahan yang bisa menimbulkan sakit kepala.

"Dengan menekan atau memijat ibu jari akan mampu meringankan rasa gugup dan sakit pada kepala," kata Ferry.

Berikut cara relaksasi sederhana untuk melepas kekhawatiran akan virus corona:
1. Minum segelas air sebelum memulai dan pastikan asupan air untuk tubuh tercukupi.
2. Cari tempat duduk yang nyaman. Mulai atur napas secara perlahan hingga tubuh merasa lebih nyaman.
3. Niatkan dalam hati agar relaksasi ini membuat diri Anda lebih tenang dan bijak.
4. Genggam ibu jari oleh keempat jari tangan yang lain. Lakukan sambil bernapas secara sadar dan tenang. Berikan pula afirmasi positif untuk memperoleh ketenangan.
5. Lakukan gerakan tersebut selama satu menit, kemudian pindah dengan menggenggam ibu jari pada tangan lainnya.
6. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa nyaman.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)