Shanghai Jadi Lokasi Pekan Mode Digital Pertama di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2020 02:35 WIB
Shanghai Fashion Week (SHFW) bakal tetap berlangsung secara daring di tengah pandemi Covid-19. SHFW jadi pekan mode digital pertama di dunia. Ilustrasi: Shanghai Fashion Week (SHFW) bakal tetap berlangsung secara daring di tengah pandemi Covid-19. SHFW jadi pekan mode digital pertama di dunia. (Foto: Istockphoto/Image Source)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi virus corona (Covid-19) boleh jadi membatalkan banyak acara termasuk pekan mode di seluruh dunia. Namun, ini tak berlaku bagi Shanghai Fashion Week (SHFW). Pekan mode di kota terbesar di China itu dipastikan bakal tetap berlangsung di tengah virus corona.

Shanghai Fashion Week bakal digelar secara daring (online). Hal ini menjadikan SHFW sebagai pekan mode digital pertama di dunia.

Sejumlah pekan mode lain yang berlangsung saat wabah corona juga mulai menyediakan fasilitas streaming seperti Milan Fashion Week dan Paris Fashion Week. Namun, fasilitas digital itu hanya diberikan untuk beberapa peragaan busana saja.


SHFW bekerja sama dengan e-commerce Alibaba untuk menyiarkan seluruh show atau peragaan busana secara daring pada 24-30 Maret di Taobao Live, saluran streaming Alibaba. Lebih dari 100 label dan 100 desainer dari seluruh dunia rencananya akan tampil dan memamerkan karyanya di SHFW.

Selain peragaan busana, para penonton juga dapat langsung membeli barang yang dipamerkan secara daring. Penyelenggara juga menyediakan kolom komentar selama sesi streaming agar para penonton dapat meninggalkan pesan.

Untuk meningkatkan efek visual, penyelenggara akan menggunakan teknologi augmented reality.

"Kami telah mengintegrasikan beberapa teknologi tercanggih Alibaba untuk menghadirkan pengalaman baru dan lebih tinggi kepada konsumen," kata manager fesyen Alibaba Mike Hu kepada kantor berita pemerintah China Xinhua, dikutip dari SCMP.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)