Menikmati Aurora Tanpa Perlu Khawatir dengan Corona

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Rabu, 25 Mar 2020 16:16 WIB
Penikmat keindahan alam bisa menyaksikan keindahan aurora via siaran langsung webcam atau sejumlah situs lain. Ilustrasi aurora yang bisa disaksikan via webcam. (Foto: Pixabay/WikiImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyusul gencarnya pengetatan aktivitas sosial di tengah wabah Covid-19 atau penyakit virus corona, sejumlah wisata siaran langsung bermunculan. Termasuk siaran langsung menikmati indahnya aurora, atau cahaya di langit.

Cahaya aurora di Churchill, Manitoba, Kanada bisa dinikmati melalui siaran langsung dari rumah tanpa harus berwisata secara fisik. Ini dilakukan melalui webcam yang dipasang di area Churchill Northern Studies Center selama 24 jam.

Mengutip Travel Leisure, Churchill Northern Studies Center mengklaim cahaya aurora di sana merupakan salah satu lokasi terindah. Terlebih di peralihan musim dingin ke musim semi adalah waktu terbaik menikmati aurora.

Siaran langsung bisa diakses melalui situs resmi Explore. Melalui laman tersebut wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan cahaya aurora. Juga diberikan penjelasan detail mengenai cahaya aurora melalui keterangan teks.

"Tampilan bercahaya terlihat ketika medan magnet bumi berinteraksi dengan partikel bermuatan dari matahari. Lampu-lampu ini bisa dilihat di atas kedua kutub. Cahaya [dari kutub] selatan disebut aurora australis," jelas deskripsi teks dalam laman.

[Gambas:Video CNN]

Sinar matahari, kata deskripsi tersebut, juga berperan penting mengindahkan cahaya aurora. Juga beberapa partikel bermuatan listrik yang memasuki atmosfer bumi dari kutub, tempat magnetosfer terlemah.

Partikel kemudian akan bertabrakan dengan oksigen dan nitrogen di atmosfer bagian atas bumi. Oksigen dan nitrogen tersebut kemudian bakal memancarkan cahaya yang bisa terdeteksi kasat mata.

(mik/mik)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER