Blue Lagoon Ramai Turis, Silakan Coba Mandi Es di Islandia

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 10:33 WIB
Blue Lagoon Ramai Turis, Silakan Coba Mandi Es di Islandia Salah satu anggota kelompok berendam dalam es yang mengikuti Metode Wim Hof di Islandia. (AFP/HALLDOR KOLBEINS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menggunakan gerakan lambat sambil mengambil napas dalam, orang-orang itu terlihat menceburkan diri ke danau yang tertutup es di barat daya Islandia.

Sementara orang lain mungkin memilih berendam di mata air panas yang menenangkan, orang-orang dalam kelompok ini lebih suka mandi dalam es atas nama kesehatan.

Suhu di danau beku Kleifarvatn, salah satu yang terdalam di negara itu, minus 6 derajat Celcius.


Dengan kapak, Andri Einarsson, salah satu pemandu seminar yang tidak biasa ini, memotong lubang es yang menutupi danau, yang terletak kurang dari satu jam perjalanan dari mata air panas Blue Lagoon yang terkenal dan bersuhu sekitar 38 derajat Celcius.

Di tepi danau, sekitar 15 orang yang datang dari pinggiran ibukota Reykjavik itu bersiap menceburkan diri.

Dibalut jaket dan sweater tebal, para anggota melakukan pemanasan dengan serangkaian gerakan dan latihan pernapasan yang mengingatkan pada Tarian Perang Haka tradisi Suku Maori.

"Mereka mempersiapkan tubuh mereka, menantang pikiran mereka, melakukan apa yang kita sebut 'aktivasi lemak coklat'," Einarsson mengatakan kepada AFP.

Dingin sebagai obat

Teknik pernapasan adalah salah satu cara dalam Metode Wim Hof, yang dinamai dari sosok atlet asal Belanda.

Dijuluki Iceman (Pria Es), Wim Hof telah memecahkan rekor dunia dari menantang dingin selama beberapa dekade.

Pada 2007, ia mendaki ke ketinggian 7.400 meter di Gunung Everest hanya mengenakan celana pendek, dan ia menyelesaikan setengah maraton dengan bertelanjang kaki di utara Lingkar Arktik.

Dia bangga dengan manfaat terapi dingin yang dijalaninya - yang menggabungkan teknik pernapasan, paparan dingin dan meditasi - sebagai membantu memerangi kelelahan dan stres serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika Blue Lagoon Dianggap Biasa, Cobalah Mandi Es di IslandiaPemanasan sebelum berendam dalam danau es yang membeku. (AFP/HALLDOR KOLBEINS)

Di tepi Danau Kleifarvatn, meskipun udara dingin membeku, satu per satu jaket dan sweater dilepas untuk digantikan dengan pakaian renang.

Banyak yang bahkan tidak ragu menceburkan diri ke danau es itu - latihan ini menandai akhir dari program empat minggu pemaparan dingin yang telah dijalani.

Kegiatan dimulai dengan berendam dalam air bersuhu 10 derajat Celcius, diikuti oleh berendam dalam kolam es, sebelum akhirnya menceburkan diri ke danau yang beku.

Selama dua menit mereka menahan air sedingin es, berkonsentrasi pada pernapasan, yang menurut para ahli adalah kunci untuk mengabaikan rasa sakit yang menggigit dalam suhu beku.

Setelah keluar, mereka berjalan kembali ke daratan yang menghadirkan tantangan lain, karena air dingin membuat kaki kebanyakan orang mati rasa.

"Ada perasaan seperti ditusuk jarum dan sedikit gatal," kata Marco Pizzolato kepada AFP, setelah keluar dari lubang es.

Kekhawatiran pergi

Berbicara mengenai metode menghilangkan rasa sakit, sebenarnya manfaat dari paparan dingin telah diketahui sejak zaman kuno.

Namun latihan ini telah mendapatkan popularitas di kalangan atlet selama 15 tahun terakhir untuk membantu mereka pulih lebih cepat dari latihan dan cedera.

Namun para ilmuwan belum sepenuhnya yakin.

"Kami membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum kami dapat mengatakan dengan pasti bahwa metode itu membantu," Haukur Bjornsson, seorang dokter dengan tim sepak bola nasional Islandia, mengatakan kepada AFP.

"Berendam di air dingin adalah bagian dari apa yang direkomendasikan untuk membantu pemulihan. Tetapi yang paling penting adalah tidur dan nutrisi, itulah satu-satunya hal yang kami miliki dengan bukti ilmiah yang kuat," tambah Bjornsson.

Berbagai bentuk terapi dingin telah digemari orang dalam beberapa tahun terakhir, dengan klinik kesehatan menawarkan cryotherapy dan blog kebugaran yang mengajarkan manfaat mandi air dingin.

Sebagian besar pemandian umum sekarang juga menawarkan kolam dengan air antara 2 sampai 10 derajat Celcius.

Tetapi Andri Einarsson menekankan bahwa dibutuhkan latihan untuk benar-benar menikmati pengalaman itu.

"Semua orang bisa pergi dalam pemandian es, duduk di sana dan ... menjadi tangguh. Tapi berserah diri selama melakukan prosesnya menjadi tantangan tersendiri," katanya.

Sementara Metode Wim Hof masih belum dipahami atau diterima secara universal, para anggota berendam yang ditanyai oleh AFP bersumpah sangat sepakat dengan cara tersebut.

Ingvar Christiansen mengatakan bahwa metode itu "benar-benar mengubah kehidupan dan cara berpikirnya," ketika ia pulih dari masa-masa sulit dalam hidupnya di mana ia berjuang melawan kelebihan berat badan, kelelahan, hingga proses perceraian.

Dia sekarang lebih suka mandi air dingin daripada berlibur ke luar negeri.

"Ketika saya keluar, saya merasa seperti pulang dari liburan dua minggu di Spanyol. Anda membuang segalanya: semua kekhawatiran, semua kecemasan, itu hilang."

[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)