Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 7 Makanan Kaya Vitamin E

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 07:04 WIB
Asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan pembuluh darah. Ilustrasi. Asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan pembuluh darah. (skeeze/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vitamin E merupakan senyawa yang larut dalam lemak dan bersifat antioksidan. Asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, kesehatan pembuluh darah, dan menjaga kulit tetap sehat.

Sejumlah makanan diketahui kaya akan kandungan vitamin E. Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin E paling banyak. Beberapa sayuran hijau gelap, buah, dan makanan laut juga mengandung vitamin E.

Recommended Dietary Allowance menyarankan agar jumlah asupan vitamin E disesuaikan dengan kebutuhan setiap kelompok usia seperti berikut:
- 0-6 bulan (4 mg per hari)
- 7-12 bulan (5 mg per hari)
- 1-3 tahun (6 mg per hari)
- 4-8 tahun (7 mg per hari)
- 9-13 tahun (11 mg per hari)
- 14 tahun ke atas (15 mg per hari)
- ibu menyusui (19 mg per hari)


Berikut sejumlah makanan yang mengandung vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengutip Medical News Today.

1. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari dikenal pula dengan istilah kuaci. Camilan satu ini kerap menemani banyak orang Indonesia di tengah waktu santainya.

Dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung 35,17 miligram vitamin E. Selain vitamin E, biji bunga matahari juga kaya akan serat, protein, potasium, magnesium, dan zync.

2. Almond
Bukan rahasia lagi, almond menjadi salah satu camilan sehat yang bisa Anda konsumsi.

Setiap 100 gram almond mengandung 25,63 vitamin E. Almond juga kaya akan nutrisi lain seperti protein, serat, potasium, dan magnesium.

Anda bisa membuat almond panggang sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam menu sarapan sereal Anda.

3. Kacang tanah
Mencamil kacang tanah ditemani secangkir teh hangat bisa membuat sore Anda terasa nikmat. Tak hanya itu, kacang tanah juga kaya akan manfaat.

Lewat vitamin E yang dimiliki, kacang tanah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ada sekitar 4,93 miligram vitamin E dalam setiap 100 gram kacang tanah.

Selain itu, kacang tanah juga mengandung protein, serat, potasium, dan niasin.

4. Minyak
Beberapa jenis minyak diketahui kaya akan vitamin E. Sebut saja minyak biji gandum yang dalam satu sendok makannya mengandung 20,32 miligram vitamin E.

Selain itu ada pula minyak bekatul (4,39 miligram per 1 sdm) dan minyak biji anggur (3,92 miligram per 1 sdm).

5. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Dalam 100 gram alpukat terkandung 2,07 miligram vitamin E.

Dalam ukuran yang sama, alpukat juga mengandung 10 miligram vitamin C. Hal ini membuat alpukat menjadi salah satu buah yang tepat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Bayam
Sama seperti alpukat, bayam juga dikenal sebagai salah satu sayur yang kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 100 gram bayam mentah terkandung sebanyak 2,03 miligram vitamin E.

Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan potasium.

7. Daun buah bit
Buah bit dikenal kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Selain dari dagingnya, manfaat itu juga bisa didapat dari daun buah bit.

Dalam 100 gram daun buah bit mengandung sebanyak 1,81 miligram vitamin E. Selain itu, daun buah bit juga mengandung vitamin A, vitamin C, potasium, serat, zat besi, dan kalsium.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)