Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2020 09:59 WIB
Rambut kering biasanya berasal dari kebiasaan atau kombinasi perawatan rambut yang salah dan mungkin tidak Anda sadari. Rambut kering biasanya berasal dari kebiasaan atau kombinasi perawatan rambut yang salah mungkin tidak Anda sadari. (Foto: Istockphoto/puhhha)
Jakarta, CNN Indonesia --
Seringkali Anda mendapati rambut sudah dalam kondisi kering, kusam, dan mengembang. Padahal tekstur rambut seperti itu tak terjadi dalam sekejap.
Rambut kering biasanya berasal dari kebiasaan atau kombinasi perawatan rambut yang salah yang mungkin tidak Anda sadari.

Namun dengan mengubah kebiasaan dan mengikuti cara mengatasi rambut kering dan mengembang berikut, Anda bisa mengembalikan kondisi 'mahkota' seperti sedia kala.

Rambut kering dan mengembang terjadi karena rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Ketika hal itu terjadi, orang langsung mengambil langkah dengan mengoleskan pelembap rambut atau bahkan keramas.

Padahal rambut kering bisa saja beragam penyebabnya. Melansir Healthline, penyebab umum rambut kering termasuk kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, dan kekurangan nutrisi.

Mengetahui kompleksitas penyebab rambut kering dan kusam mengembang tersebut, maka perlu segera diambil tindakan guna mengurangi kerusakan-kerusakan yang lebih parah. Berikut 9 cara mengatasi rambut kering dan mengembang, mengutip berbagai sumber.

1. Hindari keramas tiap hari

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangTerlalu sering keramas akan menghilangkan kelembapan alami rambut sehingga rentan membuatnya kering (Foto: Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)


Mencuci rambut dengan sampo memang dapat menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Tapi terlalu sering keramas juga berisiko menghilangkan sebum atau kandungan minyak alami yang berujung pada rambut kering.

Kandungan minyak alami dalam kadar yang seimbang tak hanya membuat rambut lebih lembap namun juga memberi efek rambut yang berkilau. Karenanya, keramas lah seminggu tiga kali, tapi tidak disarankan terlalu jarang keramas karena akan membuatnya bau, lepek, dan gatal pada kulit kepala.

Pilihlah sampo khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang atau sampo bayi yang bisa membersihkan kotoran tanpa menguras minyak alami rambut.


2. Kurangi men-styling rambut

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangPaparan panas berlebihan pada rambut akibat styling bisa merusak warna, serta membuat rambut kering dan rapuh. (Foto: Istockphoto/macniak)

Terlalu sering menggunakan hair dryer dan catokan pelurus atau pengeriting dapat merusak batang rambut. Apalagi jika rambut cenderung rapuh dan sulit untuk ditata setelah mencucinya, hal itu bisa membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya selama proses styling.

Efek panas dari hair dryer dan alat catok secara terus-menerus dapat mempercepat rambut menjadi kering dan mengembang. Alih-alih menggunakan hair dryer panas, angin-anginkan rambut agar kering alami.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan rambut, hindari tidur dalam keadaan rambut masih basah. Membiarkan rambut basah terlalu lama dan tertempel pada bantal memiliki efek yang hampir sama dengan penggunaan hair dryer dan catok.

3. Gunakan vitamin untuk mengatasi rambut kering dan mengembang

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangMengaplikasikan vitamin langsung dapat menutrisi kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut sehingga menghindarinya dari kerusakan (Foto: Istockphoto/skynesher)

Sama seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan vitamin yang cukup untuk memberi nutrisi pada kulit kepala dan kesehatan rambut.

Vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, dan biotin berguna agar rambut menjadi lebih sehat. Vitamin tersebut termasuk jenis prenatal yang bermanfaat mempercepat pertumbuhan rambut serta membuat rambut kering dan mengembang menjadi lebih sehat dan berkilau.

Berdasarkan jurnal Clinical and Aesthetic Dermatology di Amerika, selain vitamin dan biotin, suplemen protein laut seperti ikan salmon juga mengandung zat yang dapat membantu kesehatan rambut menjadi lebih terjaga.


4. Gunakan essential oil

Selama berabad-abad, orang telah menggunakan minyak esensial untuk berbagai kebutuhan pengobatan dan kosmetik, seperti pada sampo, serum, dan produk perawatan rambut lainnya. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat perawatan rambut sendiri.

Jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang adalah minyak lemon, minyak kayu manis, minyak lavender, minyak rosemary, minyak melati, minyak chamomile, minyak pohon teh (tea tree oil), minyak zaitun, serta minyak atsiri.

Essential oil yang beraroma unik juga menawarkan berbagai macam manfaat seperti menghentikan kerontokan rambut, mencegah kerusakan, dan mengharumkan rambut. Kandungan lain essential oil juga ampuh untuk mengatasi rambut kering dan mengembang setiap hari.

5. Masker minyak kelapa

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangMasker minyak kelapa adalah metode penyubur dan pelembap rambut yang digunakan sejak zaman dulu (Foto: Istockphoto/Fcafotodigital)

Minyak kelapa adalah emolien alami yang dapat melembapkan rambut kering dan rusak karena panas atau matahari.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif menembus serat rambut. Meski kandungan emolien dalam minyak kelapa hampir serupa dengan pelembap biasa, namun lebih efektif untuk melembutkan tiap helai rambut.

Penggunaan minyak kelapa untuk rambut kering dan mengembang akan lebih maksimal jika digunakan setelah. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada helai demi helai rambut, lalu pijat kulit kepala untuk memperkuat akarnya.

Perawatan rutin dengan minyak kelapa dapat meningkatkan tampilan rambut.

6. Perbanyak makanan penyehat rambut

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangSelain perawatan langsung pada rambut, asupan nutrisi juga perlu diperhatikan. Makanan yang mengandung tinggi protein meningkatkan produksi keratin rambut (Foto: silverstylus/Pixabay)

Mengutip Medical News Today, mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan salmon, alpukat, hingga ubi jalar bisa meningkatkan pertumbuhan sekaligus merawat rambut.

Bahkan kandungan dalam protein, biotin, seng, dan selenium dalam telur menjadi sumber nutrisi terbaik untuk kesehatan rambut yang optimal.

Makan protein yang cukup penting untuk folikel rambut, lalu biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin.

Sementara kandungan vitamin E dalam alpukat dan kacang-kacangan, omega 3 dan 6 dalam ikan salmon dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena melindungi area kulit kepala dari kerusakan.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengalami rambut rontok dan kering yang yang mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan dapat mempercepat pertumbuhan rambut sebanyak 34,5 persen.

7. Hindari membilas rambut dengan air panas

Terbiasa mandi dan keramas dengan air panas dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. Bahkan pada kondisi panas tertentu, air panas dapat menghambat pertumbuhan rambut serta mengakibatkan rambut rapuh dan mudah kering.

Melansir Medical News Today, sebagai alternatifnya keramas atau bilas rambut dengan air suhu ruangan atau air dingin.

Efek relaksasi dari air dingin dapat mempercepat pertumbuhan rambut lebih cepat. Hal ini berguna untuk merevitalisasi setiap helainya dan mencegah rambut kering dan rusak.

Apabila rambut Anda mulai kering dan mengembang, cobalah bilas rambut dengan air dingin selama satu atau dua menit untuk membantu mengunci kutikula rambut, mengembalikan kelembapan, sekaligus memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala.

8. Kurangi intensitas berenang

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangAir kolam yang seringkali dicampur bahan kimia klorin bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Air di kolam renang atau pemandian umum seringkali sudah dicampur dengan klorin. Pembersih air kolam renang itu nyatanya tak hanya bisa membunuh bakteri, namun juga dapat merusak rambut.

Efek yang paling cepat terasa yakni rambut akan terasa kering selama sekitar satu hari.

Sering berenang dalam kolam renang yang sudah terklorinasi lambat laun dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rambut. Produksi minyak alami dari kulit kepala akan terhambat sehingga menyebabkan rambut rapuh dan kering berlebihan.

9. Pakai topi atau penutup kepala

Cara Mengatasi Rambut Kering dan MengembangBatasi aktivitas di luar ruangan atau gunakan topi agar rambut tak terpapar sinar matahari terik terlalu lama (Foto: GregMontani/Pixabay)

Berdasarkan penelitian, paparan sinar ultraviolet (UV) secara langsung dapat merusak batang rambut dan kulit kepala.

Jika Anda mengalami masalah rambut kering dan mengembang, batasi paparan sinar UV secara langsung terhadap rambut dengan mengenakan topi selama aktivitas saat di luar ruangan.

Untuk mengatasi rambut kering karena terkena sinar UV, gunakan masker gel lidah buaya di batang rambut.

Kandungan enzim proteolitik, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam lidah buaya dapat menutrisi kulit kepala, membantu memperbaiki kerusakan, serta memberikan efek yang menenangkan di kulit kepala.

Itulah 9 cara mengatasi rambut kering dan mengembang dengan mudah. Sebagian besar kasus rambut kering dapat dipulihkan sendiri dengan melakukan perawatan yang tepat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jangan sepelekan kondisi rambut yang kering dan mengembang, sebab rambut kering adalah tanda awal kerusakan rambut. Jika tidak segera ditangani, rambut lama-kelamaan akan menjadi rapuh sehingga menyebabkan rambut mudah patah bahkan botak.

(fef)


BACA JUGA