6 Cara Nikmati Mekar Bunga Sakura dari Jepang Sampai Wuhan

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 17:04 WIB
6 Cara Nikmati Mekar Bunga Sakura dari Jepang Sampai Wuhan Pemandangan musim mekar Sakura di Tokyo, Jepang, yang dimulai sejak akhir pekan kemarin. (Behrouz MEHRI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Jepang telah resmi menunda Olimpiade 2020 demi mencegah penularan virus corona lebih luas. Tak hanya atlet, turis ikut kecewa dengan hal tersebut, terutama yang ingin ber-hanami, piknik di bawah Pohon Sakura yang tengah bermekaran.

Dikutip dari Trip Savvy, bagi yang masih ingin menikmati musim mekar Sakura tanpa harus keluar rumah, silakan simak video streaming dari tempat-tempat ini:

1. Chiyoda, Tokyo


Pemandangan rimbunnya pepohonan Sakura yang sedang bermekaran di pinggir jalan bisa dinikmati di Taman Kitanomaru, yang tak berada jauh dari Istana Kekaisaran Tokyo.

Pada musim gugur, pepohonan di sini menampilkan warna merah dan oranye, dan di musim semi menjadi lautan merah muda.

Tak hanya dari pinggir, jalan, turis juga menikmatinya sambil mendayung perahu dengan santai di danau yang ada di sebelah area tersebut.

Karena Chiyoda Cherry Blossom Festival dibatalkan untuk tahun ini, pengunjung tetap bisa menikmati hanami melalui video siaran langsungnya di sini.

2. University of Washington

Kampus Universitas Washington adalah salah satu tempat terbaik di Seattle, Amerika Serikat (AS), untuk melihat pemandangan musim mekar Sakura.

Walau ada banyak jenis pohon Sakura yang ditanam di sini, salah satu pemandangan yang paling indah ialah deretan puluhan pohon Sakura jenis Yoshino yang berusia sekitar 87 tahun.

Musim mekar biasanya berlangsung selama dua hingga tiga minggu. Saat ini pemandangannya bisa disaksikan di sini.

3. Macon, Georgia

Dikenal sebagai Ibukota Sakura Dunia, kota Macon di Georgia, AS, menawarkan 350 ribu Pohon Sakura Yoshino (lebih dari 90 kali lipat jumlahnya dari yang di Washington).

Setiap tahun, Macon menjadi tuan rumah Festival Bunga Sakura Internasional yang berlangsung selama 10 hari.

Festival telah dibatalkan untuk tahun ini, namun pemandangan mekarnya Sakura di sana bisa dinikmati di sini.

Bunga Sakura yang sedang mekar. (Behrouz MEHRI / AFP)

4. Wuhan University

Kota Wuhan, dan khususnya kampus Universitas Wuhan, biasanya merupakan tempat populer bagi warga dan turis yang ingin melihat Bunga Sakura bermekaran.

Meskipun tidak mungkin untuk mengunjunginya secara langsung sekarang, streaming video dari sekitar kampus tetap bisa dinikmati di sini.

5. Washington DC

Mungkin salah satu tempat paling populer di AS (dan dunia) untuk melihat Bunga Sakura, Tidal Basin adalah rumah bagi sekitar 3.700 Pohon Sakura, hadiah dari pemerintah Jepang pada tahun 1912.

Situs Cherry Blossom Watch memposting pembaruan harian mekar pepohonan Sakura di sana.

Dan dengan webcam yang tertanam di bagian atas Monumen Washington, pengunjung juga bisa mendapatkan panorama Lincoln Memorial, Martin Luther King, Jr. Memorial, dan Reflecting Pool.

Simak pemandangannya di sini.

6. Newark, New Jersey

Branch Brook Park di Newark, New Jersey menampilkan pertunjukan pink spektakuler di musim semi ketika lebih dari 5.000 Pohon Sakura bermekaran.

Pada tahun 1927, Caroline Bamberger Fuld, saudari Louis Bamberger (pendiri bekas department store Bamberber) menyumbangkan 2.000 pohon, dan sekarang ada lebih dari dua kali lipat jumlah itu dalam 14 varietas berbeda yang tersebar di taman seluas 360 hektare.

Silakan nikmati pemandangannya di sini.


(ard/ard)