5 Langkah Hair Spa yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2020 20:59 WIB
5 Langkah Hair Spa yang Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi: Merawat rambut ke salon jadi perkara sulit di masa social distancing ini. Lima langkah hair spa di rumah bisa jadi solusi Anda. (Foto: iStockphoto/ Dolgachov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Imbauan untuk terus berada di rumah membuat mobilitas jadi terbatas. Jangankan untuk kongko, merawat rambut seperti hair spa di salon saja rasanya sulit. Tapi, Anda tak perlu khawatir, lima langkah hair spa di rumah bisa jadi solusi.

Debu dan kotoran ada di mana-mana. Bukan hal yang tak mungkin jika rambut tetap terpapar kotoran meski Anda tak bepergian ke mana-mana. Apalagi bagi Anda pemilik rambut kering dan kusam, hair spa jadi satu perawatan yang wajib dilakoni secara rutin.

Hair spa dapat memelihara dan membuat rambut lebih kuat. Pijatan pada kulit kepala juga menimbulkan perasaan rileks dan nyaman yang menyenangkan.


Berikut beberapa cara dan langkah hair spa yang bisa Anda lakukan di rumah, mengutip Urban Clap.

1. Pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak
Mulai lah dengan pijatan menggunakan minyak. Pijatan dengan minyak dapat menutrisi rambut dan merangsang aliran darah ke kulit kepala.

Anda dapat menggunakan beberapa minyak pilihan seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, dan masih banyak lagi. Nutrisi dalam minyak dipercaya dapat menyehatkan rambut.

Pijatan pada kulit kepala yang lembut membantu Anda untuk rileks dan mengurangi stres. Stres menjadi salah satu penyebab masalah rambut seperti kerontokan.

2. Penguapan
Langkah selanjutnya adalah penguapan. Langkah ini dilakukan untuk membuat nutrisi dari minyak menembus kutikula rambut.

Jika tak memiliki steamer, Anda bisa membungkus rambut Anda dengan handuk yang dibasahi oleh air panas. Jika handuk mulai terasa dingin, kembali celupkan ke dalam air panas dan ulangi lagi.

Proses penguapan bisa dilakukan cukup selama 10-15 menit.

3. Cuci rambut
Setelah penguapan, waktunya untuk mencuci rambut Anda. Anda disarankan untuk menggunakan sampo bebas sulfat untuk mencuci rambut. Sebagian besar sampo bebas sulfat dilabeli dengan 'bebas SLS' atau 'bebas SLES'.

Cuci rambut hingga minyak dirasa hilang dan rambut bersih.

4. Aplikasikan masker rambut
Ini adalah langkah paling penting dari perawatan hair spa. Aplikasikan krim masker pada rambut Anda.

Anda bisa menggunakan berbagai pilihan masker rambut yang ada di pasaran. Atau, Anda juga bisa meracik krim spa sendiri dari bahan-bahan dapur seperti madu, telur, alpukat, pisang, bahkan teh hijau.

Biarkan masker rambut meresap selama 15-20 menit.

5. Bilas rambut
Langkah terakhir adalah kembali mencuci rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan kondisioner setelahnya. Kemudian, biarkan rambut mengering secara alami.

Cara melakukan hair spa di rumah ini bisa jadi aktivitas menarik di masa self isolation dan social distancing yang ditetapkan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona. Lakukan hair spa di rumah sekali dalam sepekan agar rambut kembali sehat.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)