4 Hal yang Tak Boleh Diabaikan saat Membersihkan Rumah

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 20:00 WIB
Meski terlihat bersih, 4 barang ini rentan menjadi sarang kuman sehingga tak boleh terlewat saat membersihkan rumah. Ilustrasi tempat tidur yang seringkali luput dibersihkan (Foto: hastens.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membersihkan rumah bukan hanya soal menyapu dan mengepel. Ada begitu banyak detail yang kerap luput dari perhatian, sehingga kegiatan tersebut jadi tidak maksimal.

Meski terlihat bersih, bukan berarti tidak ada debu di gorden. Di masa isolasi diri akibat corona seperti sekarang, membersihkan rumah bisa jadi alternatif kegiatan untuk mengisi hari. Dengan lebih banyak waktu tinggal di dalam rumah, kini waktunya untuk memberi perhatian lebih pada hal-hal yang diabaikan sebelumnya.

1. Kasur
Membersihkan tempat tidur tidak cukup hanya dengan sapu lidi. Selain seprai dan selimut yang wajib diganti secara berkala, kasur juga harus dijemur dan dibalik agar usia pakainya lebih panjang.


2. Spons cuci
Berapa lama spons cuci itu teronggok di tempat cuci piring? Ia dipakai hanya untuk mencuci, diberi cairan pembersih banyak-banyak, dan diletakkan begitu saja. Spons cuci bisa mengandung banyak kuman.

Untuk menghindari spons jadi sarang kuman, rendam spons di dalam air panas yang dicampur detergen. Diamkan beberapa saat, dan remas ketika dibilas dengan air. Lakukan sampai busa hilang. Jemur sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

3. Kain lap
Bisa jadi ada beberapa jenis kain lap yang dipakai di rumah. Untuk mengepel, membersihkan tumpahan air, atau mengeringkan piring setelah dicuci. Serupa seperti spons, kain lap bisa direndam dalam air panas yang sudah diberi detergen. Kemudian jemur dengan cara dibentangkan, dan pastikan lap sudah benar-benar kering sebelum dilipat.

4. Tirai
Tirai bisa menjadi tempat berkumpul debu dan menimbulkan alergi, terlebih jika jendela jarang dibuka. Biasakan untuk mencuci tirai setidaknya sebulan sekali dan menyedot debu secara rutin.

Bila kondisi sedang tidak memungkinkan untuk membersihkan rumah secara mendetail, Grab menyediakan solusi lewat Clean & Fix. Jasa ini tak hanya berguna untuk perawatan rumah, tetapi juga mereparasi berbagai perangkat, mulai ledeng sampai AC.

Cara menggunakan Grab Clean & Fix ini juga sangat gampang. Pertama, buka aplikasi Grab dan pilih 'more'. Kedua, pilih fitur Clean & Fix. Ketiga, pilih jenis jasanya. Keempat, masukan spesifikasi. Terakhir, konfirmasi waktu kedatangan dan bayar.

Grab juga bermitra dengan Sejasa.com untuk fasilitas ini, sebuah platform jasa rumah yang sudah dikenal di Indonesia. Dengan metode pembayaran nontunai menggunakan OVO, membersihkan rumah menjadi mudah. (rea/fef)