Fatwa, Hukum, dan Panduan Salat Jumat di Rumah

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 11:54 WIB
Umat Islam dianjurkan untuk tidak melakukan salat Jumat di masjid demi mencegah penularan Covid-19. Berikut fatwa, hukum, dan panduan salat Jumat di rumah. Ilustrasi. Umat Islam dianjurkan untuk tidak melakukan salat Jumat di masjid demi mencegah penularan Covid-19. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umat Islam dianjurkan untuk tidak melakukan salat Jumat di masjid demi mencegah penyebaran Covid-19, pandemi penyakit akibat virus corona. Berikut fatwa, hukum, dan panduan salat Jumat di rumah.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan fatwa Salat Jumat di masjid boleh ditiadakan demi mencegah penyebaran Covid-19. Fatwa ini ditetapkan dengan mempertimbangkan firman Allah SWT dalam Alquran, hadis nabi, dan sejumlah pendapat.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 185, Allah berfirman, yang artinya:


"... Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu..."

Sejumlah hadis nabi yang jadi pertimbangan diantaranya adalah:

"Nabi SAW bersabda: 'Amal-amal umatku disampaikan kepadaku, amal baik atau amal buruknya. Kutemukan diantara amal terbaik adalah menyingkirkan hal membahayakan dari jalan. Dan kutemukan diantara amal terburuknya adalah dahak di masjid yang tidak dibersihkan'." hadis riwayat Muslim.

"'Barang siapa yang mendengar azan wajib baginya salat berjamaah di masjid, kecuali ada uzur'. Para sahabat bertanya : 'Apa maksud uzur?' Jawab Rasulullah SAW: 'Ketakutan atau sakit'." hadis riwayat Abu Daud.

Salat Jumat dapat dilakukan dengan menggantinya dengan salat Zuhur biasa di rumah.

"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan salat Zuhur di tempat kediaman," fatwa MUI.

Tidak ada perbedaan salat Zuhur yang dilakukan pada hari biasa dengan salat Zuhur pengganti salat Jumat. Salat Zuhur dilakukan empat rakaat dan dapat diikuti dengan zikir dan berdoa.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)