Cerita Kedai Budi Konsisten Jaga Hidup Sehat bareng GrabFood

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 09:33 WIB
Cerita Kedai Budi Konsisten Jaga Hidup Sehat bareng GrabFood Ilustrasi salad (Foto: jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah sejak lama Budi Haryono menyadari pentingnya kesehatan. Ketika virus corona mewabah dan membuat penjualan di gerai makanan sehat Crunchaus miliknya di Surabaya menurun, ia tahu harus tetap memenuhi kebutuhan pelanggan.

Budi memilih meningkatkan upaya pencegahan agar pelanggan, karyawan, dan mitra pengemudi aman dari corona. Meski sebenarnya, sejak mendirikan Crunchaus pada 2007 ia telah menerapkan standar kesehatan ketat dalam proses menyiapkan menu pesanan.

Semua karyawan diwajibkan mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan untuk memproses pesanan pelanggan.



Kini, prosedur ditambah dengan pengecekan suhu terhadap karyawan, juga kepada mitra pengantaran GrabFood untuk memastikan mereka dalam kondisi yang baik. Untuk pengunjung yang ingin makan di Crunchaus, Budi menerapkan social distancing dengan menyarankan pemesanan tempat lewat WhatsApp. Sehingga, karyawan dapat menyiapkan pesanan terlebih dahulu.

"Pelanggan bisa order dulu menggunakan WhatsApp, ini tujuannya untuk meminimalkan waiting time, sehingga mengurangi antrean dan menjaga jarak aman sosial," katanya.

Di tengah situasi tak menyenangkan seperti sekarang, Budi tak patah semangat, Ia menerapkan cara itu di 10 gerai yang dimiliki di Surabaya, juga pada tiga gerai di Jakarta.


Grab pun mendukung semangat dan dedikasi Budi, antara lain dengan menggunakan standar layanan terpadu untuk layanan pesan-antar makanan. Mulai pekan ini, ada prosedur Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood yang berisi catatan tanggal, waktu, nama dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan, serta pemeriksaan suhu tubuh pelanggan, karyawan, dan mitra pengantaran secara rutin.

Jika salah satu mitra pengantaran menunjukkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, demam, pilek, atau batuk, mitra merchant dapat melaporkan kepada tim layanan pelanggan Grab dan meminta mitra pengganti.
Selain itu, mitra merchant diminta untuk menjaga jarak setidaknya dua meter dalam antrean. Mitra juga diwajibkan melakukan prosedur pembersihan area dapur dan semua benda yang sering disentuh, setidaknya setiap empat jam. Sementara, para pegawai mitra merchant diwajibkan memakai masker, sarung tangan, dan tutup kepala.
(rea/fef)