4 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 22:05 WIB
Mengonsumsi minuman sehat dapat membantu ibu hamil mengatasi stres fisik dan psikis yang dipicu oleh kehamilan. Ilustrasi. Mengonsumsi minuman sehat dapat membantu ibu hamil mengatasi stres fisik dan psikis yang dipicu oleh kehamilan. (Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama masa kehamilan, tubuh harus tetap terhidrasi. Konsumsi minuman-minuman sehat untuk ibu hamil agar tubuh tetap terhidrasi.

Seorang ibu hamil umumnya membutuhkan asupan air sekitar 1-2 liter dalam sehari. Untuk melengkapi kebutuhan air harian, ibu hamil bisa mendapatkan asupan air dari beberapa jenis minuman sehat tertentu.

Mengonsumsi minum sehat dapat membantu Anda mengatasi stres, baik fisik maupun psikis, yang dipicu oleh kehamilan.


Berikut beberapa minuman sehat untuk ibu hamil, melansir Boldsky.

1. Smoothie
Smoothie sebenarnya dikenal sebagai minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Meminum smoothie bisa memicu lonjakan kadar gula darah.

Namun, tenang saja, Anda bisa membuat smoothie berbasis buah-buahan rendah gula seperti kiwi, ceri, stroberi, dan alpukat.

Anda juga bisa menambahkan protein dalam bentuk kacang-kacangan atau biji selasih agar smoothie terasa lebih sehat.

2. Susu
Kaya akan kalsium dan protein, susu adalah minuman yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil yang menderita intoleransi laktosa, susu berbasis kedelai yang diperkaya kalsium bisa menjadi alternatif yang tepat.

3. Infused water
Tambahkan buah-buahan segar atau beku ke dalam air mineral untuk menghasilkan infused water. Cukup tambahkan melon, apel, jeruk lemon, atau buah tropis lainnya. Biarkan selama beberapa jam dan simpan di dalam lemari pendingin.

Mentimun, cengkeh, dan batang kayu manis juga bisa Anda masukkan untuk menambah rasa.

4. Air kelapa
Selain menyegarkan, air kelapa murni juga merupakan sumber antioksidan, potasium, magnesium, dan vitamin C yang baik.

Air kelapa membantu menurunkan tekanan darah. Air kelapa juga bermanfaat untuk ibu hamil karena membantu menstabilkan gula darah.

Selain itu, air kelapa juga menjadi cara efektif untuk menangani mual dan muntah selama masa kehamilan karena kandungan elektrolit yang dimilikinya.

Minuman yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Meski ada beberapa minuman yang bisa dikonsumsi ibu hamil dengan aman, ada pula beberapa jenis yang harus dihindari.

Minuman beralkohol menempati urutan teratas dalam daftar minuman yang harus dihindari ibu hamil. Konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko keguguran.

Selain itu, ibu hamil juga tidak disarankan mengonsumsi minuman bersoda. Beberapa studi menemukan, minuman bersoda kaya akan kandungan kafein. Kafein hanya akan memberikan dampak buruk pada perkembangan janin.

Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah. Susu mentah dapat menyebabkan infeksi bakteri.

Konsumsi sejumlah minuman sehat untuk ibu hamil demi perkembangan janin yang baik.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)