Makanan yang Harus Disantap agar Rambut Tebal dan Sehat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 20/04/2020 06:10 WIB
Pertumbuhan rambut berkaitan dengan nutrisi harian tubuh. Vitamin B kompleks salah satu yang berperan penting menjaga kesehatan rambut. Ilustrasi: Pertumbuhan rambut berkaitan dengan nutrisi harian tubuh. Vitamin B kompleks salah satu yang berperan penting menjaga kesehatan rambut. (Foto: Meditations/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rambut yang sehat bukan saja bergantung pada kualitas perawatan seseorang, melainkan juga asupan makanan. Kalau untuk faktor usia atau gen, barangkali adalah unsur yang tak bisa Anda ubah.

Hanya saja soal makanan, Anda bisa menyiasati itu. Sebab rupanya beberapa jenis makanan bisa membantu membuat kondisi rambut sehat dan tebal. Ini lantaran pertumbuhan rambut juga bergantung pada nutrisi harian tubuh yang didapat dari konsumsi makanan seimbang.

Anda bisa mendapatkan rambut yang indah dengan makan yang benar juga tepat. Penting dicatat, Medical Daily menulis bahwa tingkat pertumbuhan rambut yang normal adalah 0,5 inci per bulan, yang artinya 6 inci per tahunnya.


Yang terpenting untuk menjaga pertumbuhan rambut agar tetap normal adalah memperbaiki nutrisi bagi tubuh. Yodium, belerang, zinc, magnesium dan kalium adalah mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.


Kekurangan yodium khususnya, bisa mengakibatkan rambut mudah patah. Dan yang krusial adalah vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga kesehatan rambut. Termasuk, seperti menangani masalah ketombe dan perubahan karena faktor usia.

Di antara vitamin B, biotin yang ditemukan dalam telur atau gandum dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Asam lemak juga demikian. Berikut beberapa makanan lain yang membantu Anda mendapatkan rambut sehat dan lebat.

Sayuran berdaun hijau
Brokoli, kangkung, selada dan bayam adalah beberapa contoh sayuran berdaun hijau. Kandungan zat besi dari sayuran hijau ini cukup diperlukan agar folikel rambut tumbuh normal.


Hal tersebut karena, zar besi berfungsi membantu sel darah merah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke akar rambut dan folikel. Proses ini berguna untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Bayam menurut Medical Daily memiliki kandungan folat, zat besi nabati dan vitamin lainnya--seperti vitamin A dan C. Karena itu sayur ini adalah salah satu pilihan yang pas untuk Anda masukkan dalam menu harian.

Jeruk
Buah jeruk membantu penyerapan zat besi, karena mengandung vitamin c yang dibutuhkan rambut. Fungsinya, untuk membantu membangun kapiler guna mengangkut nutrisi ke batang rambut sehingga bagus untuk pertumbuhan rambut menyeluruh.

Makanan yang Harus Disantap agar Rambut Tebal dan SehatFoto: Pexels

Telur
Karena rambut terdiri atas protein yang disebut keratin, perlu untuk memasukkan protein dalam diet Anda jika mengalami rambut rontok. Kuning telur merupakan salah satu sumber biotin yang baik. Menurut beberapa penelitian, kandungan biotin dalam kuning telur mampu membantu produksi keratin.

Biji-bijian dan ikan
Menambahkan almond atau kenadi dalam diet sebagai camilan sehat juga bisa membantu rambut menerima nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, yang tak mudah diproduksi oleh tubuh sendiri. Ikan berlemak juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan penebalan rambut.

Meskipun, masih perlu banyak penelitian lagi untuk menunjukkan hubungan antara asam lemak dengan pertumbuhan rambut.

[Gambas:Video CNN]

(NMA/NMA)


ARTIKEL TERKAIT