Cara Bersihkan Makanan dan Aman Berbelanja saat Wabah Corona

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 08:59 WIB
Berbelanja kebutuhan pangan adalah hal yang musykil dihindari meski di tengah pandemi corona. Untuk itu, perlu panduan agar tetap aman. Ilustrasi: Berbelanja kebutuhan pangan adalah hal yang musykil dihindari meski di tengah pandemi corona. Untuk itu, perlu panduan agar tetap aman. (Foto: ImagesBG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbelanja makanan dan bahan pokok merupakan salah satu aktivitas yang diizinkan dilakukan di luar rumah saat pandemi virus corona ini. Tapi Anda harus tetap memperhatikan keselamatan diri ketika berbelanja agar terhindar dari infeksi virus corona (Covid-19).

Pasar atau swalayan merupakan tempat yang didatangi banyak orang. Sejumlah bahan makanan juga kemungkinan sudah disentuh tangan orang lain. Namun, tak perlu khawatir. Terdapat beberapa langkah agar tetap aman saat berbelanja, juga cara membersihkan makanan ketika di rumah.

1. Persiapan
Sebelum berbelanja, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat. Lakukan tindakan pencegahan dengan mencuci tangan sebelum pergi dan membawa hand sanitizer, karena akan sulit menemukan air dan sabun saat berbelanja.



Gunakan pakaian panjang yang nyaman. Bawa pula kantong belanja sendiri.

2. Hindari transportasi publik
Jika memungkinkan, hindari menggunakan transportasi publik saat bepergian. Pilih pula jalur yang terdekat dan tercepat menuju lokasi.

3. Jaga jarak fisik
Saat tiba di pasar, pastikan Anda selalu menjaga jarak sekitar 2 meter dari orang lain. Selalu perhatikan situasi di sekitar.

4. Jangan menyentuh
Sebisa mungkin jangan menyentuh benda atau bahan makanan yang tidak diperlukan. Berdasarkan Food Safety, virus corona tidak dapat tinggal dan bertahan pada makanan.

"Covid-19 adalah penyakit pernapasan. Dan tidak dapat ditularkan melalui paparan makanan ataupun kemasan makanan," dikutip dari situs resmi Food Safety.


Setelah membeli bahan makanan, segera pulang ke rumah.

5. Bersihkan kemasan
Saat di rumah, keluarkan makanan dari kemasan. Bersihkan makanan dan simpan pada tempat yang seharusnya. Beberapa jenis makanan mesti disimpan di kulkas, sejumlah lain dapat disimpan di ruang terbuka.

6. Mencuci makanan
Sebelum menyiapkan dan memasak bahan makanan, cuci kembali dengan air dingin yang mengalir. Jangan menggunakan sabun atau detergen, karena bahan kimianya dapat meresap dan bersifat toksik pada tubuh.

"Mencuci makanan akan menghilangkan bakteri dari permukaan buah dan sayur," pernyataan resmi NHS, dikutip dari Independent.

7. Memasak
Masaklah daging dalam keadaan matang untuk membunuh bakteri dari virus. Sedangkan untuk sayura, dapat disesuaikan untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik.

Makanan yang sudah disiapkan, aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum makan.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK