7 Rekomendasi Minyak Esensial untuk Atasi Bibir Kering

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 21:56 WIB
Minyak esensial terbukti dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Berikut rekomendasi minyak esensial demi bibir yang sehat. Ilustrasi. Minyak esensial terbukti dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. (iStockphoto/marrakeshh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bibir kering dan pecah-pecah bisa begitu mengganggu. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan minyak esensial.

Bibir kering dan pecah-pecah disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca, dehidrasi, paparan sinar matahari, terlalu sering dijilat, dan perawatan yang tidak tepat. Jika sudah begini, Anda perlu perawatan ekstra untuk bibir, termasuk dengan penggunaan minyak esensial.

Minyak esensial terbukti menyehatkan bibir. Larutkan minyak esensial pilihan dengan minyak kelapa (virgin coconut oil/VCO), minyak almond, dan minyak jojoba. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan 1 sdm minyak campuran.


Melansir Boldsky, ada tujuh jenis minyak esensial yang bisa Anda gunakan.

1. Lavender
Minyak esensial punya bermanfaat untuk bibir. Lavender mengandung komponen anti-inflamasi yang bisa menenangkan dan mengobati luka sehingga bibir kembali lembut.

2. Rose geranium
Minyak esensial rose geranium dibuat dari memanfaatkan bagian daunnya. Rose geranium banyak terdapat pada produk-produk lipbalm. Kandungan anti-inflamasinya mampu mengatasi bibir pecah-pecah.

Selain itu, rose geranium mengandung komponen antiseptik sehingga bibir bisa jauh dari infeksi.

3. Mustard
Mustard mengandung asam linoleat yang bisa melembapkan bibir dan melawan hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV dari matahari.


4. Rosehip
Minyak esensial rosehip cukup santer dibicarakan di kalangan pecinta produk perawatan kulit alami. Selain untuk wajah, rosehip bisa membantu memperbaiki kondisi bibir.

5. Chamomile
Minyak esensial chamomile merupakan penyegar yang cukup intens. Minyak ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan antioksidan yang dimiliki chamomile juga melindungi bibir dari paparan radikal bebas.

6. Peppermint
Peppermint mampu memberikan sensasi sejuk dan dingin di bibir. Peppermint pun mengandung asam omega 3 yang menutrisi bibir dan membuatnya lembut serta lembap.

Selain itu, kandungan vitamin C pada minyak jadi komponen hidrasi dan pelindung bibir dari paparan sinar matahari. Peppermint pun bersifat analgesik yang bisa mengurangi rasa sakit atau perih.

7. Lemon
Buah-buahan sitrus, termasuk lemon, kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang melindungi bibir dari radikal bebas. Lemon pun bisa mengeksfoliasi bibir sehingga mampu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit bibir.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)