5 Tips Merajut bagi Pemula

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/05/2020 18:37 WIB
Kegiatan merajut disebut mampu meredakan stres. Anda bisa mempelajari cara merajut bagi pemula untuk mengisi waktu senggang di rumah. Ilustrasi. Kegiatan merajut disebut mampu meredakan stres. Anda bisa mempelajari cara merajut bagi pemula untuk mengisi waktu senggang di rumah. (Pixabay/Sophieja23)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merajut merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di rumah. Anda bisa mempelajari cara merajut bagi pemula untuk mengisi waktu saat berada di rumah sepanjang hari.

Merajut diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Merajut disebut dapat meredakan stres.

Buang jauh-jauh pikiran bahwa merajut adalah perkara sulit. Merajut merupakan keterampilan yang bisa dipelajari oleh setiap orang.


Berikut cara mudah merajut bagi pemula.

1. Tentukan hasil
Teknik merajut dapat digunakan untuk membuat syal, scarf, topi, selimut, dan sweater. Pemula disarankan untuk mencoba membuat syal atau topi terlebih dahulu.

Namun, tak ada yang salah jika Anda ingin mencoba membuat sweater. Apalagi sweater sangat berguna di musim dingin ini. Pasalnya, pada dasarnya membuat sweater atau syal menggunakan teknik yang sama.

2. Siapkan bahan
Siapkan bahan yang diperlukan untuk merajut. Dua bahan utama yang diperlukan untuk merajut adalah benang dan jarum rajut atau hakpen.

Pilihlah benang dengan warna yang diinginkan agar merajut semakin menyenangkan.

[Gambas:Youtube]

3. Teknik rajut
Dikutip dari Sheep and Stitch, ada tiga teknik dasar merajut yakni cast on, knit stitch, dan cast off. Setiap teknik menghasilkan rajutan yang berbeda.

Pilihlah dan pelajari teknik yang diinginkan atau yang sesuai dengan hasil rajutan.

4. Meniru
Tak ada salahnya meniru rajutan yang sudah ada. Misalnya dengan melihat video merajut di YouTube. Pilihlah rajutan yang sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Ikuti dan tiru langkahnya agar memudahkan Anda membuat rajutan.

5. Merajut dengan hati senang
Merajutlah dengan hati yang riang atau Anda juga bisa melampiaskan emosi dengan merajut.

Kesabaran dan ketelitian juga dibutuhkan saat merajut untuk mendapatkan hasil yang rapi. Selalu ingat hasil yang bakal didapatkan sangat merajut agar lebih termotivasi.

Saat sudah selesai, Anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri karena berhasil menyelesaikan rajutan. Hasil rajutan dapat dipakai sendiri atau diberikan untuk orang yang dicintai.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)