Tips 'Work from Home' yang Efektif dan Produktif dari Grab

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 11:56 WIB
Grab beri 5 tips untuk mengatasi bosan dan jenuh sehingga kerja bisa tetap efektif dan produktif meski dari rumah. Ilustrasi bekerja dari rumah (Foto: Roman Drits/Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belakangan istilah work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi kian populer sejalan dengan arahan dari pemerintah untuk melakukan physical distancing.

WFH memang menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kini mencapai 1.677 kasus positif di Indonesia per Rabu, 1 April 2020. Kondisi WFH tampaknya akan lebih lama karena status tanggap darurat diperpanjang hingga 19 April 2020.

Tidak dimungkiri banyak orang mengaku sudah mulai merasa bosan akibat terlalu lama di rumah. Kali ini, Grab Indonesia punya tips untuk mengatasi bosan dan jenuh sehingga kerja bisa tetap efektif meski dari rumah.


1. Awali hari selayaknya berangkat ke kantor
Terkesan sepele, tapi dengan bergegas mandi, berpakaian rapi, maupun bersolek bisa meningkatkan mood dan konsentrasi untuk bekerja. Kegiatan ini membuat kita siap secara mental dan menyalakan work mindset alias 'mode bekerja'. Saat bekerja dari rumah dan menyepelekan kerapian, mode bekerja ini sering hilang.

2. Siapkan tempat atau ruang khusus untuk bekerja
Anda perlu memiliki sebuah tempat tetap yang bisa membantu kita fokus bekerja. Cobalah bekerja di tempat yang sama setiap hari, dengan meja dan lingkungan yang mendukung pikiran Anda untuk bekerja dengan efektif. Tak kalah penting, pilih tempat yang jauh dari gangguan seperti suara TV, ruang main anak, dan tumpukan barang yang berantakan.

3. Atur jadwal kerja yang konsisten
Pastikan Anda memiliki jam kerja yang konsisten dan teratur untuk menghindari malas, susah untuk mulai bekerja atau susah untuk berhenti bekerja. Dengan punya patokan waktu kerja layaknya di kantor membantu pikiran untuk lebih mudah berpindah antara 'mode kerja' dan 'mode santai'.

4. Manfaatkan video conference
Teknologi video conference dapat membantu kita tetap berinteraksi dengan orang lain dalam masa isolasi. Bisa tetap melihat wajah dan ekspresi masing-masing rekan kerja dapat membantu meningkatkan hubungan emosional meski kerja berjauhan.

5. Makan makanan bergizi dan tepat waktu
Meski sudah fokus bekerja, jangan tunda waktu makan dengan tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Apabila tak sempat memasak sendiri kala WFH, Anda juga tetap bisa memanfaatkan rangkaian layanan Grab untuk memenuhi kebutuhan harian. Misalnya GrabFood untuk pemesanan makanan, GrabMart dan GrabFresh untuk berbelanja kebutuhan harian, serta GrabHealth untuk berkonsultasi tentang kesehatan. (fef)