Tips Menyiasati Anjing dan Kucing yang Ikut Bosan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 21:49 WIB
Tak hanya orang, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga akan merasa bosan. Hewan akan merasa terganggu saat si pemilik terus sibuk di dalam rumah. Ilustrasi. Tak hanya manusia, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga bisa merasa bosan. (Pixabay/wilkernet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi infeksi virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang berkawan dengan rasa bosan. Tapi, tak hanya orang, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing pun bakal ikut merasa bosan.

Pelatih anjing profesional, Nicole Ellis menyadari hal tersebut. Menurutnya, hewan peliharaan akan mengalami distraksi saat si pemilik harus bekerja bahkan hingga rapat dengan atasan di rumah.

Kendati demikian, bukan berarti Anda harus 'menghukum' hewan-hewan peliharaan. Ellis berpendapat, justru momen isolasi mandiri seperti saat ini bisa digunakan untuk melatih hewan-hewan peliharaan.


"Kita tidak bisa menyalahkan mereka jika mereka merasa bosan dan tidak melakukan apa-apa sepanjang hari. Itu bukan kesalahan mereka [hewan peliharaan]," kata Ellis, melansir Associated Press.

Sebagai tips, buat hewan-hewan peliharaan Anda sesibuk mungkin. Sembunyikan kudapan atau mainan di antara barang-barang rumah tangga lainnya untuk merangsang otak mereka.

"Ini akan membuat mereka [hewan peliharaan] bekerja dan sibuk mendapatkan camilan kesukaan mereka," ujar Ellis.

Anda juga bisa menyembunyikan mainan mereka dalam satu hari dan mulai keluarkan kembali pada esok hari.

"Itu akan terasa menyenangkan bagi hewan-hewan peliharaan Anda. Mereka akan suka dengan mainan-mainan yang seolah baru," kata Ellis.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)