Cara Merapikan Lemari Pakaian ala Marie Kondo

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 16:21 WIB
Cara Merapikan Lemari Pakaian ala Marie Kondo Ilustrasi. Masa isolasi memberikan banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah, termasuk lemari pakaian. (Istockphoto/kupicoo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karantina atau beraktivitas dari rumah untuk mencegah infeksi virus corona memberikan banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah, termasuk lemari pakaian. Anda dapat merapikan lemari pakaian dengan menggunakan metode ala Marie Kondo.

Marie Kondo merupakan figur yang terkenal karena gaya hidup bersih. Dia mempopulerkan metode merapikan rumah lewat The Life Changing Magic of Tidying Up.

Berikut cara merapikan lemari pakaian ala Marie Kondo.


1. Menumpukkan pakaian
Tahap pertama adalah mengeluarkan semua pakaian dari dalam lemari. Biarkan pakaian itu menumpuk.

Dikutip dari Bustle, Kondo percaya menumpukkan pakaian membuat orang menyadari bahwa mereka memiliki banyak pakaian. Sebagian sebenarnya tak lagi diperlukan.

2. Membagi pakaian
Bagi pakaian dalam empat kelompok yakni yang masih digunakan, untuk diubah, untuk donasi, dan untuk dijual.

Pilihlah pakaian masih dipakai yang dapat memberi kebahagiaan, kenyamanan, dan kepercayaan diri. Pakaian yang masih digunakan berarti bakal tetap berada di lemari.

3. Abaikan nostalgia
Abaikan nostalgia atau kenangan yang muncul ketika sedang melihat pakaian lama.

Pakaian yang masih layak pakai tapi sudah tidak digunakan bisa masuk dalam kategori donasi dan dijual. Pakaian yang bisa dipermak dapat dibawa ke tukang jahit atau gunakan kreativitas Anda untuk membuatnya lebih menarik.

4. Mengelompokkan pakaian
Kelompokkan pakaian berdasarkan jenisnya, misalnya baju kerja, baju jalan, atasan, celana panjang, jaket, dan sebagainya.

Lalu kelompokkan pula pakaian berdasarkan warna agar lebih mudah dicari. Saat menggantung pakaian misalnya, mulailah dari warna gelap di sebelah kiri hingga warna terang di sebelah kanan. Ini akan membantu memudahkan mata.

Perlakukan cara yang sama untuk sepatu, tas, atau bahkan ikat pinggang.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)