Makan Bersama Bisa Bantu Kurangi Porsi Makan

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 18:53 WIB
Menurut penelitian, makan bersama bisa membantu mengurangi porsi makan seseorang. ilustrasi: Menurut penelitian, makan bersama bisa membantu mengurangi porsi makan seseorang. (Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen stay at home atau di rumah saja bisa jadi sarana Anda untuk menurunkan berat badan dan juga mengurangi porsi makan. Salah satu caranya adalah dengan makan makan bersama keluarga.

Tim peneliti dari Universitas Tokyo menemukan, orang cenderung makan lebih sedikit porsi makanan saat bersama seseorang ketimbang sendirian, tapi frekuensi makannya jadi sering.

Penelitian dilakukan terhadap sejumlah orang. Mereka meminta para partisipan untuk duduk di depan meja sambil memakan keripik kentang.


Peneliti mencoba dua skenario yakni, seorang duduk sendirian makan keripik, sementara di tempat lain, dua orang makan keripik di meja yang sama berhadapan dan saling berhadapan. Para peneliti juga menempatkan skala tersembunyi di bawah meja untuk membantu memperkirakan ukuran porsi dan konsumsi para responden.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science itu menunjukkan, ketika orang makan bersama, mereka cenderung makan dengan porsi lebih kecil daripada saat makan sendirian, tetapi mereka makan lebih sering.

Dikutip dari Antara, pada akhirnya, yang berubah hanyalah cara keripik dimakan, yang semula langsung dalam porsi banyak menjadi sedikit-sedikit tapi sering.

Para peneliti mencatat, perubahan tersebut otomatis artinya orang-orang tidak memutuskan untuk mengubah perilaku makan mereka, tetapi mereka melakukannya tanpa memikirkannya dulu.

[Gambas:Video CNN]


(chs)