Kontes Membekukan Rambut di Kanada Berhadiah Puluhan Juta

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 13:54 WIB
Bagi yang merasa kreatif, silakan ikuti kontes membekukan rambut di tengah suhu minus 20 derajat Celcius di Yukon, Kanada. Ilustrasi. (Pixabay/RyanMcGuire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian orang berpendapat kalau humor bisa jadi obat kerisauan di tengah momen tak menentu seperti sekarang ini.

Itulah sebabnya rangkaian foto dan video konyol dari kontes membekukan rambut dengan es menjadi viral di media sosial.

Dokumentasi konyol itu berasal dari Kontes Pembekuan Rambut di Takhini Hot Pools, di kawasan Yukon, Kanada.


Dalam kompetisi tahunan ini, peserta terbagi dalam lima kategori, yakni; Pria Terbaik, Wanita Terbaik, Grup Terbaik, Nongshim's People's Choice, dan Tim Horton Most Creative.

Pemenang untuk setiap kategori berhak mendapatkan uang tunai sebesar CAD$2.000 (sekitar Rp23,3 juta) dan tiket masuk kolam mata air panas gratis.

Kontes ini telah berlangsung sejak tahun 2011 dan semakin populer, terutama setelah foto dan video lucunya viral di media sosial.

Kontes tahun ini diikuti 288 peserta - lebih dari dua kali lipat dari jumlah pada tahun 2011 - kata panitia.

"Kami senang kontes ini membawa kegembiraan bagi orang di seluruh dunia," kata Andrew Umbrich, pemilik Takhini Hot Pools, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Jumat (3/4).

Cara mendaftar

Jika merasa kreatif, tak ada salahnya untuk mengikuti kontes ini pada tahun depan - tentu saja setelah pandemi virus corona berakhir.

Untuk pendaftaran, Anda bisa mengunjungi Takhini Hot Pools antara Desember dan Maret, pada hari ketika suhu di bawah minus 20 derajat Celcius - suhu menggigil yang dianggap normal di sana.

Ada beberapa langkah penting demi mencapai tampilan yang sempurna.

[Gambas:Instagram]

Pertama, celupkan kepala Anda di kolam mata air panas hingga rambut membasah.

Kemudian, angkat kepala dan biarkan udara dingin membekukan rambut secara perlahan. Kesabaran adalah kuncinya.

Tak perlu panik, panitia mengatakan kalau proses pembekuan tak membuat rambut rusak.

Panitia juga menyarankan pengunjung untuk menjaga telinga mereka tetap hangat dengan mencelupkannya ke dalam kolam mata air panas secara berkala.

Jika tatanan rambut dirasa sudah oke, bunyikan bel di dekat pintu masuk kolam dan panitia akan mengambil foto Anda.

[Gambas:Instagram]

Cara menuju

Terletak di ujung utara Kanada, berbatasan dengan negara bagian Alaska di Amerika Serikat, kawasan Yukon dianggap sangat terpencil - bahkan bagi penduduk Kanada - dan dikenal karena pemandangan alamnya yang menakjubkan.

"Yukon adalah halaman belakang Kanada," kata Umbrich.

"Kami memiliki hutan belantara, hewan liar, semua keajaiban alam tanpa ketegangan dari daerah berpenduduk besar. Datanglah ke Yukon untuk bersantai dan menikmati alam, baik untuk menikmati Cahaya Utara saat musim dingin atau menikmati matahari malam (midnight sun) di musim panas."

Takhini Hot Pools sangat kaya mineral. Kolam mata air panas ini telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun dengan suhu kolam antara 36 sampai 42 derajat Celcius.

Umbrich mengatakan mereka sedang membangun kolam mata air panas baru yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini.

Kolam ini buka sepanjang tahun, meski saat ini sedang tutup sementara akibat pandemi virus corona COVID-19.

Takhini Hot Pools terletak 28 kilometer dari pusat kota Whitehorse, ibukota Yukon.

Bandara Internasional Erik Nielsen Whitehorse melayani penerbangan dari dan ke beberapa kota besar Kanada, termasuk Vancouver, Edmonton, dan Calgary.

Takhini Hot Pools, KM 10/Mile 6 Takhini Hotsprings Road, +1-867-456-8000

(ard/ard)