Tips 'Gembira' Orang Tua dan Anak Saat WFH ala Kak Seto

CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 16:51 WIB
Tips 'Gembira' Orang Tua dan Anak Saat WFH ala Kak Seto Kak Seto mengimbau orang tua dan anak untuk tetap menjaga energi positif selama berada di dalam rumah di tengah pandemi corona. (CNN Indonesia/M. Andika Putra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Psikolog Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto menganjurkan orang tua bersama anak untuk tetap menjaga energi positif dalam keluarga selama isolasi diri dan bekerja di rumah (work from home/ WFH). Sebelumnya, isolasi diri dan WFH dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia.

"Ayah dan bunda untuk menghadapi anak-anak tetap harus sediakan kekuatan sabar yang melimpah dan kreativitas," kata Kak Seto dalam siaran langsung, Sabtu (4/4).

Menurutnya, kesabaran ekstra sangat diperlukan karena orang tua mengambil peran guru ketika anak di sekolah dan kini harus belajar di rumah. Beberapa hal bisa dilakukan ketika belajar bersama anak di rumah, seperti memperkenalkan warna melalui sulap.


Kak Seto juga memberikan tips belajar melalui lagu agar lebih mudah dimengerti dan dihafal anak-anak, seperti menjelaskan porifera (hewan yang berpori-pori) dengan melodi lagu Bintang Kecil.

"Jadi mohon jangan sampai putra putri belajar dalam keluarga menjadi lebih stres dan uring-uringan karena ayah dan bunda kurang sabar," tutur Kak Seto.

Ia juga menyebutkan ragam hal yang bisa dilakukan orang tua ketika sedang bekerja dari rumah bersama anak. Hal pertama adalah rajin bergerak seperti senam pagi, menyapu, mengepel atau mencuci baju. Sehingga, anggota keluarga tak hanya duduk dan bermain gawai.

Orang tua juga diminta mengatur emosi secara cerdas. Marah kepada anak merupakan hal yang wajar. Namun, orang tua disarankan tidak menyalurkan amarah itu melalui banting pintu, piring atau mengeluarkan kata-kata tak pantas.

"Marah yang cerdas tanpa harus merusak hubungan dengan putra-putri," tuturnya.

Selama berada di rumah, orang tua dan anak juga diimbau untuk tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta bergizi bagi kesehatan.

Ia juga mengingatkan untuk menjalankan ibadah di rumah dan banyak berdoa karena hal tersebut membantu diri tetap tenang, percaya diri serta kreatif di tengah masa seperti ini. Hal tersebut juga perlu didukung dengan istirahat yang cukup untuk meningkatkan kesehatan.

"Jadi GEMBIRA singkatan dari gerak, emosi cerdas, makan dan minum sehat, beribadah dan berdoa, istirahat, rukun dan ramah, serta aktif," ucap Kak Seto.

Kak Seto yakin seluruh langkah tersebut dalam diterapkan dengan mudah, sederhana dan disiplin.

"Jadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang lain. Lindungi diri sendiri, lindungi orang lain," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]




(chr/sfr)