Kawanan Kambing Liar 'Pelesiran' di Jalanan Wales Utara

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 12:54 WIB
Kawanan kambing liar turun dari bukit dan menjelajahi jalanan selama penduduk kota menjalani karantina mandiri di rumah. Kawanan kambing liar di Llandudno, utara Wales. (AP/Pete Byrne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawanan kambing terlihat berkeliaran di sebuah kota pesisir di utara Wales, beberapa hari setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menerapkan karantina mandiri dan pembatasan sosial dalam upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

Penduduk melihat kawanan kambing berjalan-jalan di sekitar Llandudno pada akhir pekan kemarin.

Nampaknya kawanan kambing datang dari dari arah perbukitan Great Orme.


Video dan foto yang tersebar di media sosial menunjukkan kambing-kambing itu tengah yang merumput di halaman gereja, kebun bunga, dan halaman rumah orang.

Mereka disebut sebagai kambing Great Orme Kashmiri, yang leluhurnya berasal dari utara India, menurut situs web resmi kota tersebut.

"Kambing hidup di bukit yang menghadap ke kota. Mereka tinggal di sana, sangat jarang menjelajah ke jalan kota," kata Carl Triggs, salah satu warga.

Penduduk Joanna Stallard melihat kambing di kebunnya dan mengatakan itu adalah hal yang biasa.

Mark Richards, dari hotel Lansdowne House, mengatakan kepada CNN Travel: "Mereka kadang-kadang datang dari Great Orme pada bulan Maret, tetapi tahun ini mereka datang lebih awal karena sedang tidak ada mobil atau orang di kota."

"Mereka menjadi lebih berani dan percaya diri tanpa kemunculan orang," katanya.

Tetapi anggota dewan kota Penny Andow mengatakan kepada CNN Travel bahwa dia telah tinggal di daerah itu selama 33 tahun dan tidak pernah melihat kawanan kambing dari Great Orme ke kota.

Polisi Wales Utara mengkonfirmasi bahwa mereka telah banyak menerima laporan mengenai keberadaan kambing liar.

"Ini bukan hal yang luar biasa di Llandudno. Karena mereka biasanya pulang sendiri ke Great Orme tanpa pengawalan khusus," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)