Alasan 'Rebahan' Saja Bisa Bikin Capek

tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2020 19:01 WIB
Alasan 'Rebahan' Saja Bisa Bikin Capek ilustrasi: (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Biasanya orang harus bangun pagi buta demi tidak terjebak kemacetan saat berangkat kerja. Kadang sepulang kerja pun masih ingin nongkrong bersama teman dan sahabat. Lelah jelas terasa. Namun di masa-masa karantina seperti sekarang, tidak melakukan apapun tetap saja bikin capek.

Dokter Diana Gall dari Doctor 4 U mengungkapkan suatu hal yang normal jika Anda merasakan lelah saat tak melakukan apapun.

"Saat Anda kurang aktivitas fisik, dan tubuh menghabiskan banyak waktu di posisi yang sama, bisa jadi duduk atau rebahan, kemampuan tubuh mengambil oksigen menurun dan Anda akan merasakan energi dan motivasi Anda drop," jelas Gall mengutip dari Metro.


Dia menggarisbawahi rasa lelah timbul karena tubuh kurang stimulasi gerak. Jika Anda tidak aktif bergerak, makin sedikit oksigen yang masuk ke darah kemudian meningkatkan rasa lelah.  


"Cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar lebih berenergi, seperti meningkatkan kadar serotonin, adalah dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari," katanya.

Dia memberikan contoh dengan berjalan keluar ruangan, olahraga, jika Anda bekerja dengan laptop sebaiknya bekerja sambil berdiri. Kemudian jika biasanya Anda menonton televisi untuk mengisi waktu, coba untuk melakukan permainan yang mengasah otak, membaca atau menelepon teman.


"Ini memang bukan aktivitas fisik tapi aktivitas ini menuntut konsentrasi yang mana bisa menghilangkan rasa lelah," imbuhnya.

Selain aktivitas fisik, Anda pun perlu memastikan asupan makanan. Selama karantina, Gall mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah juga tak lupa air untuk menghidrasi tubuh. (els/chs)

[Gambas:Video CNN]