Sejuta Manfaat Jamu Tradisional dalam Satu Sachet Starvit

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 15/04/2020 00:00 WIB
Sejuta Manfaat Jamu Tradisional dalam Satu Sachet Starvit Foto: Dok. Starvit
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, jamu merupakan minuman tradisional yang dipercaya dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan, kebugaran, kecantikan dan juga meningkatkan stamina tubuh. Menurut Permenkes No. 003/Menkes/Per/I/2010 , jamu adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan serian (generik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun.

Jamu telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Beberapa jenis bahan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk membuat jamu adalah beras kencur, temulawak, kunyit, dan jahe. Selain itu, madu juga dapat ditambahkan untuk menambah cita rasa jamu menjadi lebih nikmat.

Salah satu jamu yang populer di kalangan masyarakat adalah jamu beras kencur, yang dipercaya dapat membantu menghaluskan kulit. Namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat tersebut. Beberapa manfaat sudah terbukti secara ilmiah dan dibuktikan dengan penelitian, antara lain jamu beras kencur dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare, dan juga dapat berfungsi untuk mencegah diabetes, yang dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.


[Gambas:Video CNN]

Beberapa tanaman yang mengandung senyawa curcumin, seperti temulawak dan kunyit memiliki efek anti inflamasi dan dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam, seperti hati, ginjal dan lambung. Manfaat ini sudah diteliti dan dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information. Di Indonesia, temulawak dan kunyit biasanya dijadikan jamu atau minuman kesehatan. Di negara lain seperti di India, temulawak dan kunyit menjadi salah satu bahan dalam pembuatan kari. Di Jepang, temulawak disajikan dalam bentuk teh hangat.

Sedangkan jahe, sudah sangat dikenal manfaatnya untuk menghangatkan badan terutama dalam cuaca dingin. Harganya yang murah dan cara mengolahnya yang mudah, membuat jahe menjadi salah satu minuman herbal yang disukai oleh masyarakat.

Proses pembuatan jamu sendiri membutuhkan beberapa tahap. Pertama, bahan-bahan untuk membuat jamu harus dicuci bersih di bawah air mengalir agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Beberapa bahan seperti jahe dan temulawak biasanya perlu dibakar dulu untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel. Kemudian masing-masing bahan dihaluskan, lalu direbus menggunakan api kecil selama beberapa saat. Setelah itu, jamu disaring dan akhirnya dapat dikonsumsi.

Kini, sudah ada cara yang lebih praktis untuk mengkonsumsi jamu, yaitu dengan mengkonsumsi Starvit. Starvit adalah jamu yang dikemas dalam kemasan sachet sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi. Starvit mengandung ekstrak temulawak, kunyit, jahe, beras kencur dan madu. Starvit dibuat dari bahan-bahan bermutu dan tentunya melalui proses yang menjamin kualitas bahan-bahan tersebut. Starvit tidak menggunakan pemanis buatan, melainkan menggunakan madu sebagai pemanis alami. Minum Starvit 1-2 sachet sehari untuk membantu menyegarkan badan dan meredakan rasa meriang, pegal-pegal, lesu, perut kembung dan mual.         

        
(adv/adv)