Selain Baik untuk Imun, Vitamin D juga Cegah Serangan Jantung

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 19:39 WIB
Selain Baik untuk Imun, Vitamin D juga Cegah Serangan Jantung Ilustrasi: Studi baru menemukan bahwa vitamin D bukan saja meningkatkan sistem imun melainkan juga mencegah tubuh dari serangan jantung. (Foto: Istockphoto/Greenseas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di balik karut-marut virus corona, ada hal positif yang bisa dipetik soal gaya hidup sehat. Salah satunya, soal kesadaran akan pentingnya berjemur.

Paparan sinar matahari yang kaya akan sinar ultraviolet B (UV B) mendukung produksi dan mengaktifkan vitamin D. Efeknya akan baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Akan tetapi tak cuma itu, ternyata studi terbaru menemukan vitamin D juga dapat melindungi Anda dari serangan jantung atau stroke.


Survei melibatkan lebih dari 3 ribu orang selama sekitar 11 tahun. Sebulan sekali periset mencatat makanan dan minuman yang dikonsumsi plus takaran porsinya.


Hasilnya, asupan vitamin D yang tinggi bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, riset yang diterbitkan di Journal of Human Nutrition and Dietetics ini menemukan pria dengan asupan vitamin D rendah memiliki risiko lebih tinggi daripada wanita.

Matina Kouvari dari Harokopio University, Athena, sekaligus salah satu penulis dalam studi berkata konsumsi makanan yang kaya vitamin D bisa melindungi jantung.

"Sebaliknya dengan suplemen vitamin D, studi ini menunjukkan peningkatan asupan vitamin D dari makanan bisa melindungi tubuh dari masalah jantung khususnya pada pria," kata Kouvari dikutip dari Daily Mail.

Selain berjemur, Anda dapat memperoleh asupan vitamin D dari konsumsi jamur, makanan laut seperti tuna, salmon, udang, tiram dan telur.

Selain Baik untuk Imun, Vitamin D juga Cegah Serangan JantungFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA