Menari, Cara Sehat Pereda Kebosanan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 12:00 WIB
Menari dalam iringan musik punya kekuatan yang sama atau bahkan bisa melebihi kekuatan pikiran positif dan meditasi. Menari dalam iringan musik punya kekuatan yang sama atau bahkan bisa melebihi kekuatan pikiran positif dan meditasi.(CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cobalah untuk menari bersama di rumah saat pikiran sedang suntuk dan kebosanan melanda di masa pandemi infeksi virus corona (Covid-19). Menari dalam iringan musik punya kekuatan yang sama atau bahkan bisa melebihi kekuatan pikiran positif dan meditasi. Ini pula yang menjadi alasan banyak tantangan menarik di TikTok digemari.

Anda tak perlu lincah menari, cukup goyangkan badan ikuti musik dan rasakan manfaatnya. Secara psikologis, saat menari bersama muncul collective effervescence atau perasaan euforia yang dirasakan bersama. Saat menari bersama, orang akan cenderung merasakan perasaan yang dalam dan terhubung satu sama lain, termasuk dengan diri sendiri.

Saat menari tubuh menggerakkan otot-otot dan melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia


"Yang unik dari tarian adalah bukan hanya soal gerakan. Ini adalah gerakan yang terhubung dengan ekspresi diri dan perasaan kita," kata terapis dansa Jody Wager, dikutip dari CNN.


Saat menari tubuh juga ikut mengekspresikan diri, termasuk rasa kesal dan juga suntuk yang ada. Emosi akan ikut teralihkan saat menari. Alasan ini pula yang membuat menari bermanfaat bagi anak-anak yang sulit mengekspresikan diri atau mengungkapkan emosi mereka.

"Anak-anak belajar bergerak sebelum mereka belajar membaca atau bernyanyi. Membiarkan mereka bergerak berarti membiarkan mereka menjadi bagian penting dari diri mereka, bersama Anda dengan cara yang baik," kata ahli Aili Bresnahan.

Selain ekspresi diri, menari juga memungkinkan melepas kecemasan yang menumpuk dengan cepat di tubuh. Pikiran akan langsung menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih menyenangkan.

"Ketika menari, kesenangan yang berpusat di otak kita akan menyala," kata Wager.


Cara memulai menari bersama

Ajak semua anggota keluarga di rumah untuk berkumpul, bisa di pagi hari sebelum beraktivitas, siang hari, atau sebelum tidur.

Mulailah dengan memilih musik yang tepat. Pilihlah musik yang disenangi oleh seluruh anggota keluarga. Cari juga musik dengan tempo cepat agar gerakan semakin cepat. Variasikan dengan musik lambat karena musik yang lambat dapat berfungsi sebagai relaksasi.

Anda juga bisa berkreasi dengan memberikan tantangan. Misalnya menari seperti meniru gerakan binatang atau bahkan meniru gerakan seseorang saat menari bersama. Di malam hari Anda juga bisa mematikan lampu dan menghidupkan lampu disko agar suasana semakin menyenangkan.

Gunakan pula instrumen, alat peraga, dan aksesori aneka warna agar kian meriah. (ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT