Kenali Gejala Meningitis Seperti yang Diidap Glenn Fredly

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 10:27 WIB
Kenali Gejala Meningitis Seperti yang Diidap Glenn Fredly Kenali gejala meningitis sebagaimana yang diidap Glenn Fredly. (safir makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4) karena mengidap penyakit meningitis atau radang selaput otak. Tanda dan gejala awal meningitis dapat terlihat mirip seperti flu dan sakit perut.

Meningitis adalah peradangan selaput yang mengelilingi dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit, dan jamur.

Kondisi ini dapat menyerang siapa saja pada segala usia. Beberapa kasus meningitis dapat membaik tanpa pengobatan dalam beberapa minggu. Sejumlah kasus lain dapat mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan serius.


Beberapa faktor risiko meningitis adalah tidak vaksinasi, usia di bawah 20 tahun, tinggal di lingkungan yang berisiko, kehamilan, dan sistem imun yang lemah.

Kenali gejala meningitis untuk mendapatkan perawatan sedini mungkin. Tanda dan gejala meningitis pada awalnya menyerupai gejala flu. Namun, gejala tersebut dapat berkembang setelah beberapa jam atau hari. Berikut tanda dan gejala meningitis:

- demam tinggi secara tiba-tiba
- leher kaku
- sakit kepala parah, berbeda dari sakit kepala biasa
- mual dan muntah
- kebingungan atau kesulitan berkonsentrasi
- kejang
- mengantuk atau sulit bangun
- sensitif terhadap cahaya
- tidak nafsu makan dan haus
- ruam kulit.

Segera cari perawatan medis ke dokter atau rumah sakit jika Anda atau orang terdekat memiliki gejala meningitis. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]