Ambon, Permata di Timur Indonesia Kebanggaan Glenn Fredly

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 12:24 WIB
Ambon, Permata di Timur Indonesia Kebanggaan Glenn Fredly Pantai Ora di Ambon, Maluku. (Trifosa18 via Wikimedia Commons ( CC-BY-SA-4.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Setahun yang lalu, tepatnya saat tampil dalam konser Festival Sewindu Tulus di Jakarta, Glenn Fredly menyatakan kegembiraannya atas penetapan Kota Ambon sebagai Kota Musik pertama di Asia Tenggara oleh UNESCO.

"Badan internasional dari UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. Ini adalah kerja kolektif bentuk cinta terhadap Indonesia," katanya.

UNESCO menobatkan Ambon sebagai kota musik di Asia Tenggara pada 31 Oktober 2019, bertepatan dengan Hari Kota Sedunia.


Berdasarkan keterangan resmi di situs UNESCO, selain Ambon terdapat 15 kota yang juga ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia, di antaranya ialah; Havana, Turki, Palestina, dan Rusia.

Tidak salah memang kalau musisi yang meninggal dunia pada 8 April 2020 itu merasa kampung halamannya menjadi inspirasinya bermusik.

Ibukota Provinsi Maluku ini memang dianugerahi alam yang indah bak lukisan Tuhan, baik di darat maupun di perairannya.

Kota ini ditemukan pertama kali oleh bangsa Portugis yang berlayar lalu mendirikan benteng di Ambon. Lalu ketika zaman penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan rempah.

Untuk dapat melancong ke Ambon, turis bisa naik pesawat yang nantinya mendarat di Bandar Udara Internasional Pattimura di Laha, Teluk Ambon. Jika terbang dari Jakarta, bisa saja penerbangan transit di Surabaya atau Makassar.

Kota ini juga dibelah dengan Teluk Ambon. Dulu, warga harus naik kapal dengan rute memutar untuk sampai ke pulau satu dan lainnya.

Namun pada tahun 2016, pemerintah Indonesia membangun Jembatan Merah Putih yang menghubungkan Rumah Tiga, Sirimau pada sisi utara dengan Hative Kecil, Teluk Ambon pada sisi selatan.

Jembatan Merah Putih juga menjadi jembatan terpanjang di timur Indonesia.

Jembatan Merah Putih. (ANTARAFOTO/izaac mulyawan)

Untuk berkeliling di pusat kota Ambon, cobalah naik becak, bemo, atau ojek. Kalau ingin menyeberangi Teluk Ambon, kapal cepat tersedia di dermaga tempat kapal feri berlabuh.

Sesampainya di sini, turis bisa langsung menikmati beragam objek wisata yang bertebaran. Beberapa objek wisata yang terkenal disebut berada di Kabupaten Maluku Tengah.

Bagi yang menggemari wisata bahari, rasanya tidak ada pantai yang tidak cantik di Ambon, seperti Pantai Ngurbloat atau Pulau Pombo.

Pasirnya putih halus, airnya jernih, dan kalau beruntung bisa menemukan gugusan terumbu karang yang berwarna-warni.

[Gambas:Instagram]

Pantai Ora berupa kawasan ekowisata yang bentuknya mirip Maldives. Lalu ada Pantai Ngurbloat yang disebut sebagai pantai dengan pasir terhalus se-Asia.

Tak ketinggalan yang menjadi lokasi foto favorit ialah Pantai Pintu Kota dengan tebingnya yang berlubang. Dari sini turis bisa menikmati pemandangan Laut Banda.

Magisnya pemandangan wisata bahari di Ambon juga tak didominasi pantai. Ada Gua Hawang yang sungainya bisa dijelajahi, atau Pulau Bair yang diapit hutan bakau.

[Gambas:Instagram]

Terdapat juga Air Terjun Telaga Pange mengalir dengan indah.

Jangan lupa berwisata sejarah ke Masjid Wapawue, yang merupakan masjid tertua di Maluku.

Kemudian ke Benteng Victoria, Benteng Belanda lalu ke Museum Siwaliwa.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]