Cara Menjaga Postur Tubuh Selama 'Work from Home'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2020 08:02 WIB
Bekerja dari rumah dengan posisi yang itu-itu saja, jika dibiarkan bisa berdampak pada kesehatan tulang dan postur tubuh. Ilustrasi: Bekerja dari rumah dengan posisi yang itu-itu saja, jika dibiarkan bisa berdampak pada kesehatan tulang dan postur tubuh. (Foto: CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama pandemi virus corona ini dapat menimbulkan masalah terutama pada kesehatan tulang dan postur tubuh. Bekerja tidak pada kursi dan meja yang tepat seperti di kantor dapat menyebabkan kekakuan punggung, leher dan bahu.

Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini bisa berujung pada masalah yang serius. Oleh karena itu, Anda tetap harus menjaga postur tubuh selama WFH.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda praktikkan saat menjalani kerja dari rumah.



1. Bekerja di tempat khusus
Cobalah untuk bekerja di tempat yang memang disiapkan khusus untuk bekerja dari rumah. Tak perlu ruangan besar, cukup tempat kecil di sudut ruangan bisa dimanfaatkan untuk bekerja.

Pada sudut kecil itu, perhatikan bahwa semua peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja mendukung postur yang sehat. Hindari bekerja di sofa atau tempat tidur.

"Penting untuk memiliki ruang kerja khusus. Godaan untuk membungkuk di sofa atau bahkan bekerja dari tempat tidur mungkin kuat, tetapi ini akan membuat tubuh Anda tegang dan kemungkinan menyebabkan rasa sakit, nyeri, dan cedera," kata ahli fisioterapi Jonathan Scattergood, dikutip dari Metro.co.uk.

2. Kursi yang tepat
Kunci postur tubuh yang baik adalah tempat duduk yang tepat. Tak perlu membeli kursi kerja baru, cukup manfaatkan kursi yang ada di rumah.

Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma


Pastikan kursi tersebut dapat menopang Anda bekerja di meja dengan posisi yang nyaman. Gunakan tambahan bantal jika dibutuhkan. Hindari menyilangkan kaki karena dapat memicu masalah pada postur tubuh.

3. Posisi layar
Pastikan posisi layar komputer atau laptop berada sejajar dengan mata akan membuat postur tubuh duduk dengan tegak. Layar yang berada di bawah atau di atas mata dapat memicu ketegangan pada leher.

Posisikan pula layar dengan jarak minimal 30 cm untuk menghindari kerusakan pada mata.

4. Meja tinggi untuk berdiri
Siapkan pula meja yang pas untuk bekerja dengan cara berdiri. Gunakan meja ini untuk mencegah duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama dapat menimbulkan kekakuan.


5. Peregangan
Saat bekerja bergeraklah secara teratur. Misalnya, berjalan di rumah setiap 30 menit atau satu jam sekali.

Lakukan pula peregangan pada seluruh tubuh mulai dari kepala, leher, tangan, punggung, hingga kaki.

Peregangan membantu melemaskan otot yang kaku dan mengembalikan postur tubuh pada posisi normal saat work from home. (ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK