Cara Mengasah Pisau Dapur untuk Memasak di Rumah

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 21 Apr 2020 00:19 WIB
Pisau jadi alat dapur penting dalam memasak yang lambat laun akan semakin tumpul. Perhatikan beberapa tips berikut untuk mengasahnya agar kembali tajam. Ilustrasi: Pisau jadi alat dapur penting dalam memasak. Tapi lambat laun juga akan menumpul, perhatikan tips untuk mengasahnya agar kembali tajam. (Foto: stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan biarkan pisau yang tumpul jadi halangan Anda untuk memasak di rumah. Tak perlu jauh-jauh ke pasar untuk membeli pisau yang baru. Pisau yang tumpul bisa dipertajam dengan cara diasah.

Mengasah pisau dapur untuk memasak di rumah merupakan keterampilan yang mudah dipelajari. Berikut cara mudah mengasah pisau untuk memasak di rumah.

1. Kenali ciri pisau tumpul
Pisau yang sudah tidak tajam lagi biasanya membutuhkan lebih banyak tekanan untuk mengiris. Pisau yang tajam dapat mengiris dengan mudah.


2. Ketahui bahan pisau
Kebanyakan pisau dapur terbuat dari baja karbon, stainless steel, dan baja karbon-stainless.

Dikutip dari SCMP, pisau dari baja karbon relatif lunak sehingga cepat kusam, tapi mudah diasah. Pisau yang terbuat dari baja karbon mudah bereaksi dengan bahan asam seperti lemon sehingga mudah berkarat. Oleh karena itu, setiap selesai mencuci pisau dari baja karbon segera keringkan untuk mencegah karat.

Pisau stainless steel terbuat dari logam yang lebih keras. Pisau ini sulit diasah sehingga harus membawanya ke pengasah profesional. Sedangkan pisau berbahan karbon-stainless mudah diasah.

3. Menyiapkan alat asah dasar
Alat asah dasar yang dibutuhkan untuk mengasah pisau adalah sebuah batu asahan.

Cara Mengasah Pisau untuk Masak di RumahFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Letakkan batu asahan ini pada handuk basah agar tidak bergerak saat digesekkan.

4. Menggosok pisau dengan sudut yang tumpul
Mengasah pisau dapat dilakukan dengan menggosok-gosokkan sudut yang tumpul dengan batu asahan. Pegang pisau dengan sedikit miring agar fokus pada mata pisau.

Gerakan vertikal atau melingkar bisa dilakukan untuk membuat semua sisi pisau kembali tajam. Dengarkan suara yang muncul saat mengasah karena suara yang muncul di setiap sisi harus identik.

Lakukan berulang kali hingga pisau kembali tajam. (ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER