Zumping, Saat 'Kita Putus' Diucapkan Lewat Video Call

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/04/2020 07:35 WIB
Infografis 10 Lagu Peneman Putus Cinta Ilustrasi. Zumping menjadi istilah baru untuk memutuskan pacar lewat video call di tengah pandemi corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi infeksi virus corona (Covid-19) mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk gaya pacaran. Menjalin cinta dengan kekasih tak lagi bisa dilakukan seperti dulu. Kini, berpacaran dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi seperti video call.

Penggunaan video call untuk berpacaran ini memunculkan istilah baru yakni 'zumping'. Zumping berasal dari kata Zoom atau aplikasi populer untuk video call dan 'dumping' atau diputuskan.

Jadi, zumping berarti memutuskan hubungan pacaran melalui video call atau Zoom. Istilah ini pertama kali diciptakan oleh The Guardian yang juga membuat istilah 'facetumped' dan 'housepumped'.


Facetumped adalah istilah untuk memutuskan hubungan melalui FaceTime. Sedangkan housepumped menjadi istilah untuk memutuskan hubungan melalui Houseparty. Namun belakangan, istilah zumping lebih populer.

Istilah ini populer lantaran banyak orang yang mengalami zumping dan membagikan kisah mereka di media sosial.

Dikutip dari Metro UK, kisah putus lewat video call berawal dari cuitan Julia Moser yang curhat diputuskan oleh pacarnya melalui Zoom. Banyak orang kemudian bercerita mengalami hal serupa.

Berdasarkan cerita netizen itu, zumping jadi pilihan lantaran tak bisa memutuskan hubungan secara langsung dengan kekasih di tengah pandemi corona. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]