Tanda Stres dan Kelelahan saat 'Work From Home'

Tim, CNN Indonesia | Senin, 20/04/2020 09:06 WIB
Vertigo illness concept. Woman hands on his head felling headache dizzy sense of spinning dizziness,a problem with the inner ear, brain, or sensory nerve pathway. Ilustrasi: Merasa lelah bukan satu-satunya tanda Anda stres saat menjalani work from home ini. Ada beberapa pertanda lain. (Foto: Istockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebosanan dan kelelahan seringkali muncul memasuki sebulan masa-masa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) karena pandemi virus corona (SARS-CoV-2). Tanda-tanda stres juga kelelahan saat work from home tak hanya terlihat dari tubuh yang letih.

Sejumlah gejala lain yang muncul juga dapat menandakan bahwa tubuh sudah lelah dan butuh penyegaran. Stres dan kelelahan saat bekerja dari rumah bisa jadi akibat kerja yang berlebihan hingga, suasana yang tidak nyaman.

Berikut tanda stres dan kelelahan saat work from home.


1. Sulit berpikir
Kesulitan berpikir dan berkonsentrasi merupakan tanda nyata bahwa tubuh sudah kelelahan. Sulit berpikir dapat juga ditandai dengan kesulitan untuk menemukan solusi pada masalah yang kecil hingga sulit mengambil keputusan.


2. Perubahan suasana hati
Perubahan suasana hati yang kentara dan tiba-tiba, merupakan tengara bahwa tubuh kelelahan. Jika sudah lelah, suasana hati pun dapat berubah dengan cepat seperti sensitif, mudah marah, dan sedih.

3. Terpaku pada pekerjaan
Tubuh yang stres dapat mengalihkan diri untuk selalu memikirkan pekerjaan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Dikutip dari Metro, alih-alih mengerjakan pekerjaan dengan baik, seseorang yang stres dan lelah justru merasa terbebani dan tidak fokus bekerja walaupun sudah mengerahkan seluruh upaya untuk pekerjaan.

4. Tidak berani memberikan tugas pada orang lain
Stres dan kelelahan juga membuat seseorang cemas ketika harus mendelegasikan tugas kepada orang lain. Imbasnya, Anda akan tetap mengerjakan sendiri.

Tanda Stres dan Kelelahan saat 'Work From Home'Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia


Kondisi stres bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya pada orang lain.

5. Selalu memeriksa e-mail
Orang yang lelah juga dihantui rasa takut sehingga membuat mereka secara rutin selalu memeriksa e-mail, bahkan bukan di saat jam kerja.

Saat tanda-tanda ini muncul, jangan biarkan stres dan kelelahan terus menggerogoti sehingga membuat pekerjaan tidak produktif.

Cobalah untuk menenangkan diri dan beristirahat. Bicarakan juga masalah yang dihadapi dengan atasan. Ketahui pula batasan dan tanggung jawab saat bekerja sehingga dapat membedakan waktu bekerja di rumah dan bersama keluarga. (ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]