Studi: Kucing yang Jadi Nakal Pertanda Rindu

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2020 18:06 WIB
Ilustrasi kucing Ilustrasi. Kucing bakal berperilaku nakal saat merasa cemas karena ditinggal pergi atau diabaikan pemiliknya. (Pixabay/TeamK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kucing yang semula penurut tapi lalu berubah menjadi nakal bisa jadi pertanda kangen alias merindukan Anda. Penelitian terbaru menunjukkan, kucing yang cemas karena ditinggal pergi atau diabaikan pemiliknya sering kali berubah berperilaku nakal.

Penelitian dari Federal University of Juiz de Fora, Brasil ini merupakan studi pertama yang menganalisis hubungan perilaku kucing saat berpisah dengan pemiliknya. Penelitian serupa pernah dilakukan pada anjing.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 223 kucing dari 130 pemilik. Hasilnya, peneliti menemukan, kucing-kucing yang berpisah dari pemiliknya mengalami stres yang terlihat dari perilaku yang nakal.


"Banyak orang percaya bahwa kucing peliharaan tak bisa menjalin hubungan dengan pemiliknya. Tapi, studi kami menunjukkan bahwa hewan-hewan ini mungkin menderita ketika dipisahkan dari sosok yang dekat dengan mereka," kata peneliti Profesor Zoologi Aline Cristina Sant'Anna, dikutip dari CNN.

Studi ini menemukan sejumlah perilaku nakal seperti pipis sembarangan dan mencakar-cakar benda saat kucing ditinggal pemiliknya di rumah.

Hampir 67 persen kucing menunjukkan perilaku merusak barang-barang, diikuti dengan bersuara berlebihan, buang air kecil dan buang air besar bukan pada tempatnya, depresi, agresif, dan cemas.

Temuan menarik lainnya adalah kucing yang berperilaku buruk tinggal tanpa orang dewasa perempuan, dengan pemilik berusia 18-35 tahun dan tanpa mainan.

Para ahli berpendapat orang dewasa perempuan cenderung lebih menyayangi kucing sehingga bisa menjalin keterikatan dengan baik dibandingkan pria. Pemilik berusia 18-35 tahun juga dinilai tidak terlalu memperhatikan kucing karena memiliki kesibukan lain. Sedangkan orang tua cenderung lebih memperhatikan kucing karena tidak memiliki pekerjaan lain.

"Kucing tumbuh dalam kegiatan yang rutin dan orang yang berusia 18 hingga 35 tahun cenderung memiliki gaya hidup yang kurang dapat diprediksi, mungkin lebih banyak bepergian, jadwal kerja yang tidak teratur, larut malam. Kucing benar-benar membutuhkan keteraturan itu dalam hidup mereka, dan saya pikir orang tua melakukan pekerjaan yang sangat bagus untuk menyediakan kebutuhan kucing," kata konsultan perilaku kucing Ingrid Johnson.

Jika kucing Anda nakal saat ditinggal pergi, Johnson menyarankan untuk menyediakan mainan agar kucing tidak bosan. Mainan dapat memberi stimulasi sensorik dan juga tantangan tersendiri untuk kucing. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]