7 Manfaat Kurma yang Terbukti Secara Ilmiah

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 17 Apr 2020 13:47 WIB
Pedagang merapikan buah kurma yang dijual di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (16/5). Menjelang bulan Ramadan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor kurma pada April 2017 meroket hingga 8,6 juta kg dengan nilai impor sebesar 17,3 juta dollar AS atau naik 49,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 6,6 juta kg dengan nilai impor 11,5 juta dollar AS. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama/17 Ilustrasi. Nutrisi yang kaya membuat kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah kurma tak hanya menawarkan kelezatan. Kurma juga memiliki banyak khasiat. Terdapat sejumlah manfaat kurma yang terbukti secara ilmiah.

Kurma kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kurma kering mengandung lebih banyak kalori yang berasal dari karbohidrat. Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat. Kurma juga memiliki antioksidan yang dapat menangkal sejumlah penyakit.

Berikut 7 manfaat kurma yang terbukti secara ilmiah, merangkum berbagai sumber.


1. Sumber serat untuk melancarkan pencernaan
Kurma merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Dalam 3,5 ons kurma terdapat 7 gram serat.

Serat baik bagi saluran pencernaan untuk mencegah sembelit. Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum makan kurma.

2. Mengontrol gula darah
Kurma adalah pemanis alami dengan kandungan fruktosa yang baik untuk tubuh. Fruktosa merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.

Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Kehadiran serat membuat kurma memiliki indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.

3. Kaya antioksidan untuk mencegah kanker
Kurma mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit kronis. Antioksidan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ.

Antioksidan yang terkandung dalam kurma, yaitu flavonoid, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Ada pula karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan antioksidan asam fenolik di dalam kurma juga dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

4. Meningkatkan kesehatan otak
Konsumsi kurma juga meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan, kurma dapat mengurangi inflamasi di otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Studi lain pada hewan menemukan kurma dapat mengurangi protein beta amiloid yang membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan kematian sel.

Penelitian lain pada tikus menemukan, konsumsi kurma dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar secara signifikan. Kurma juga mengurangi gejala kecemasan.

Ilustrasi. Kaya nutrisi, kurma punya banyak manfaat untuk tubuh. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

5. Meringankan persalinan
Konsumsi kurma pada ibu hamil juga dapat meringankan persalinan. Mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat menurunkan risiko persalinan dengan diinduksi.

Studi menunjukkan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma melahirkan secara normal dengan waktu empat jam lebih sedikit dibandingkan ibu hamil yang tidak memakan kurma.

Kandungan senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dalam kurma disinyalir dapat memicu kontraksi saat melahirkan. Kurma juga mengandung tanin, senyawa yang membantu kontraksi alami.

6. Menjaga kesehatan tulang
Kurma mengandung sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mineral yang terdapat di dalam kurma meliputi fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Kandungan mineral ini dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

7. Mengatasi disfungsi seksual
Kurma juga baik untuk kesehatan seksual. Sejumlah penelitian mendapati kurma bisa meringankan disfungsi seksual.

Dikutip dari Organic Facts, kadar estradiol dan flavonoid pada kurma meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada laki-laki. Studi di India juga mendapati kurma digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria.

Kurma juga memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Untuk mendapatkan manfaat kurma yang terbukti secara ilmiah, konsumsi kurma setiap hari. Pada bulan puasa kurma dapat dijadikan santapan untuk berbuka. (ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER