Orang-orang yang Wajib Menjalankan Ibadah Puasa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 11/05/2020 08:30 WIB
Sejumlah anak bermain di rumput sintetik taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Senin (22/6). Taman Alun-alun Bandung menjadi salah satu tempat tujuan ngabuburit warga Bandung selama Ramadan. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/ed/kye/15 Ilustrasi: Berpuasa termasuk dalam Rukun Islam. Ada beberapa orang yang wajib menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. (Foto: ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan Ramadan telah memasuki pekan ke-tiga. Umat Islam telah menjalani puasa sejak Jumat (24/4) lalu hingga satu bulan penuh. Terdapat syarat wajib atau orang-orang yang diwajibkan menjalankan puasa.

Berdasarkan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183, orang-orang yang beriman wajib berpuasa di bulan Ramadan. Berpuasa juga termasuk dalam Rukun Islam.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 183.


Berikut syarat wajib atau orang-orang yang diwajibkan puasa Ramadan.

1. Islam
Setiap orang yang beragama Islam wajib menjalankan ibadah puasa, sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 183.

2. Berakal
Berakal atau aqil berarti orang yang dalam keadaan sadar. Sedangkan, orang yang tidak sadar misalnya orang dengan gangguan jiwa parah tidak wajib berpuasa.

3. Baligh atau dewasa
Baligh berarti sudah sampai pada tahap kedewasaan yang ditandai dengan pubertas. Orang yang sudah baligh diwajibkan berpuasa. Sedangkan anak-anak tidak wajib berpuasa.

4. Sehat
Orang sehat dan mampu diwajibkan berpuasa. Sedangkan orang yang sakit dan tidak mampu berpuasa tidak wajib berpuasa. Orang yang sakit atau tidak mampu karena sudah tua mesti mengganti puasa di hari lain atau membayar fidiah.

5. Menetap
Orang-orang yang menetap atau sudah bermukim wajib berpuasa. Sedangkan orang yang dalam perjalanan atau musafir boleh tidak berpuasa tapi harus menggantinya di hari lain.

Orang yang memenuhi ketentuan syarat tersebut, wajib menjalankan puasa Ramadan. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]