5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Punya Efek Setara Olahraga

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/05/2020 05:44 WIB
Ilustrasi Menjemur Baju Ilustrasi: Beberapa pekerjaan rumah, bukan saja membereskan urusan domestik tetapi juga punya efek membuat tubuh bugar sebagaimana berolahraga. (Foto: utroja0/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama masa karantina mandiri di tengah pandemi virus corona, orang jadi susah 'bergerak'. Pelbagai aktivitas dibatasi demi mengerem laju penyebaran virus penyebab Covid-19.

Pemerintah dan ahli meminta warga untuk tetap di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan, hanya keluar untuk hal mendesak saja--belanja kebutuhan pokok misalnya.

Dengan penerapan ini, rutinitas olahraga pun jadi sulit dilakukan. Padahal di masa-masa ini, tubuh sebagian orang justru gampang melar lantaran menghabiskan waktu di rumah dan minim aktivitas.


Tapi rupanya, ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang efeknya sebagus olahraga. Berikut yang Anda bisa coba. Bukan hanya beres urusan domestik, melainkan juga bikin tubuh bugar.


Mencuci pakaian
Mencuci pakaian tanpa menggunakan mesin bisa membantu Anda melatih seluruh anggota tubuh. Mencuci pakaian membutuhkan pengangkatan ember, menyikat, dan memeras pakaian lalu mengeringkannya.

Mengangkat ember yang berat akan membuat otot-otot tangan kuat, saat menyikat dan meremas pakaian itu adalah latihan bagus untuk telapak tangan dan lengan. Mencuci pakaian selama satu jam, menurut Medical Daily, akan membantu Anda membakar sekitar 116 kalori.

Menyapu lantai
Menyapu lantai adalah jenis latihan yang akan membantu Anda membakar sekitar 80-100 kalori selama masa karantina ini. Hasil itu didapat setidaknya jika Anda menyapu lantai selama setengah jam.

Selain itu juga meningkatkan kebugaran metabolisme dan memperkuat otot. Tapi ingat, ini tak bicara aktivitas bersih-bersih dengan penyedot debu. Lakukan kegiatan menyapu ini dengan sapu, sebab Anda perlu menggerakkan lengan terus-menerus.

Menyapu akan membuat otot-otot lengan Anda kuat, selain itu tulang punggung pun akan fleksibel ketika Anda menekuknya saat menyapu.


Mengepel
Barangkali Anda kerap melihat ibu atau bapak Anda berjongkok untuk mengepel lantai. Cara ini mungkin tampak kuno, tapi kenyataannya berjongkok dan mengepel selama satu jam mampu membantu Anda membakar sekitar 170-238 kalori.

Aktivitas berjongkok dan mengepel membuat paha, otot punggung, pergelangan kaki dan betis Anda menjadi lebih kuat.

Menata kamar
Karantina mandiri bisa menjadi waktu terbaik untuk menata ulang kamar atau ruang tamu Anda, yang selama berbulan-bulan lamanya terabaikan. Mengorganisir kamar itu butuh banyak upaya, misalnya harus mengangkat banyak hal berat, menarik dan mendorong barang.

Kegiatan selama menata ulang bisa meliputi mengganti sprei, menyapu, membersihkan perabot, mengangkat meja dan menempatkan barang-barang sesuai rencana. Kedengarannya mudah, tapi mengatur satu per satu setiap item dalam posisi spesifik membuat Anda melakukan banyak upaya fisik.

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Punya Efek Setara OlahragaFoto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma


Berkebun
Berkebun membantu Anda tetap sehat secara fisik dan mental. Menurut Journal of Health Physiology, berkebun adalah jenis terapi yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan menghilangkan stres serta cemas.

Kegiatan ini membutuhkan keahlian seperti mengolah tanah, menabur benih, mengangkat pot dan menyiram tanaman. Semua aktivitas tersebut melibatkan banyak bagian otot termasuk paha, tulang punggung, lengan, pergelangan kaki dan kaki.

Saat mengolah tanah atau menabur benih, Anda pasti berjongkok selama berjam-jam. Ini menjadikan paha dan betis kuat. (NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]