Nasi Kuning Aroma Pandan Goda Pelanggan GrabFood Makassar

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 30/04/2020 18:28 WIB
Spanish paella with chicken and vegetables close up on a plate. horizontal Ilustrasi nasi kuning (Foto: Istockphoto/Getty Images/ALLEKO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bicara soal sarapan, Indonesia punya berbagai macam menu favorit dan mengenyangkan. Bagi sebagian orang, tak puas rasanya jika belum makan pagi dengan nasi.

Olahan nasi yang cukup khas disajikan di pagi hari salah satunya nasi kuning. Nyatanya, nasi kuning tak cuma terkenal di Pulau Jawa, lho. Di Sulawesi, tepatnya Kota Makassar, terdapat warung yang menjual nasi kuning dengan rasa yang begitu gurih. Aroma pandannya pun memikat siapa pun yang lewat.


Pemilik kedai Nasi Kuning Satu Sama Anita Arsyad mengaku tak ada bahan khusus yang digunakan dalam meracik nasi kuningnya. Hanya saja, dia selalu mengutamakan kualitas bahan serta tak membuatnya dengan asal-asalan.


"Kalau nasi, emang betul-betul santannya harus kental. Kasih garam sama daun pandan kalau mau harum," ujar Anita dikutip dari YouTube Grab Indonesia, Rabu (22/4).

"Awalnya beras direndam. Kalau nggak direndam nasinya nggak ngembang. Lanjut, santannya didihkan dulu baru dimasukkan ke nasi, dituang, masih kondisi panas-panas langsung disiram ke nasi, lalu didiamkan lagi."

Anita mengatakan ia merupakan generasi ketiga dari usaha bisnis Nasi Kuning Satu Sama. "Awal mulanya warung berdiri dari orang tua ibu, lalu turun ke ibu, dan ke saya," tambahnya.

Selain nasi kuning, Anita juga menjual menu sarapan lainnya seperti lontong sayur dan nasi campur sebagai menu variasi. Kendati demikian, nasi kuningnya-lah yang menjadi andalan.

Pilihan lauknya juga beragam, dan cara membuatnya pun tak sembarangan. Anita mengaku terus menjaga dan menerapkan resep turun-temurun agar rasanya tak berubah.

"Paru itu sebetulnya menu andalan dari dulu. Habis dimasak, direndam di air bumbunya selama satu jam baru digoreng. Daging sama, habis dimasak, diiris, terus dimasak di air. Dagingnya itu harus betul-betul meresap."

Salah seorang pelanggan setia Nasi Kuning Satu Sama mengaku kegemarannya makan nasi kuning di sini karena memang dirasa paling enak

"Dagingnya lembut sekali dan bumbunya meresap. Paru di sini juga jadi andalan. Nggak bikin sia-sia saat suapan pertama," aku Damai.

Sama halnya dengan Andi, sebagai pelanggan ia tentu mempertimbangkan harga dan rasa pada makanan yang dimakannya. "Selain harganya yang terjangkau, parunya tuh enak banget. Apalagi kalau dicampurin nasi kuningnya," ujar Andi.


Anita mengatakan, bisnisnya laris tak semata dari kerja keras dia dan orang tuanya dalam hal mengolah makanan. Namun strategi pemasaran juga penting diperhitungkan untuk meningkatkan omzetnya.

"Setelah join sama GrabFood, penghasilan warung naik 100 persen. Harapannya, semoga GrabFood bisa membantu usaha saya agar terus berkembang," ujarnya.

Nah, buat Anda masyarakat Makassar yang masih penasaran dengan kelezatan nasi kuning buatan Anita namun tak sempat bertandang ke warung, coba pesen lewat #GrabFoodID. Bisa juga pesan menu nikmat lainnya yang wajib dicoba sebagai sarapan. (fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK