Kenali Manfaat 'Si Kenyal' Cincau, Menu Favorit Buka Puasa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 11/05/2020 18:03 WIB
milk grass Jelly Ilustrasi: Kenali Manfaat 'Si Kenyal' Cincau, Menu Favorit Buka Puasa (Foto: Istockphoto/samuraioasis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cincau, jadi salah satu pilihan favorit untuk menu berbuka puasa selama bulan Ramadan. Rasa segarnya jadi pemikat bagi sebagian orang sebagai hidangan pembuka.

Biasanya cincau disajikan menjadi minuman seperti es cendol atau es campur. Ada dua jenis cincau yakni yang berwarna hitam dan hijau. Keduanya sama enaknya, bergantung selera.

Rupanya bukan hanya enak dan segar, Anda juga bisa langsung menyecap manfaat dari setiap tegukan. Tekstur kenyal dan empuk dari cincau memiliki khasiat bagi kesehatan, terlebih saat bulan puasa.



1. Mencegah sakit pencernaan
Daun cincau masuk jenis tanaman Platostoma palustre yang merupakan anggota keluarga tanaman mint. Kandungan gula pada tanaman ini mampu melawan bakteri penyebab sakit perut dan mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Komponen alkaloid yang terdiri atas vitamin A dan C terkandung dalam daun cincau. Kedua vitamin ini sangat efektif mencegah penyakit diare.

2. Memberikan Efek Dingin
Rasa dingin juga dapat diberikan langsung oleh cincau, walaupun disantap tanpa menggunakan es. Tubuh akan panas selama berpuasa, karena itu cincau jadi pilihan yang tepat untuk berbuka.

Komponen tentradine, cardioplegicum, alkaloid, flavonoid, dan saponin dalam daun cincau bekerja efektif untuk meredakan demam.

[Gambas:Video CNN]

3. Menurunkan Berat Badan
Cincau hanya mengandung sedikit kalori. Dilansir dari Livestrong, dari setiap 330 gram cincau terdapat 184 kalori dan total kalori ini hanya 9 persen dari kebutuhan kalori harian.

Puasa bisa menjadi pilihan diet yang efektif dibarengi dengan konsumsi cincau. Sebab cincau kaya akan air dan serat sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Kenali Manfaat 'Si Kenyal' Cincau, Menu Favorit Buka PuasaFoto: Istockphoto/Urilux


4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Tubuh manusia memiliki kemampuan memproduksi antioksidan sendiri, namun itu belum cukup untuk melindungi secara keseluruhan. Cincau menjadi salah satu bahan makanan yang penting dikonsumsi karena mengandung antioksidan.

Antioksidan yang tinggi terkandung dalam daun cincau memberikan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari radikal bebas.

5. Mengontrol Gula Darah
Para penderita diabetes dibikin maju-mundur saat melihat sajian cincau di meja makan ketika tiba waktu buka puasa. Tak perlu gentar, kandungan alkaloid dan klorofil membantu mengontrol kadar gula darah.


Cincau tidak langsung menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga penderita diabetes aman untuk meneguknya.

Jadi, pastikan menu cincau masuk ke dalam daftar menu berbuka puasa. Sebab selain sebagai penghilang dahaga setelah berpuasa, cincau juga memberikan manfaat bagi kesehatan. (auz/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK