Bagaimana Islam Memandang Feminisme?

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 04:00 WIB
Ratusan Perempuan melakukan aksi damai Ilustrasi. Di dalam Islam, feminisme dipandang sebagai upaya untuk melakukan penyetaraan dan perlakukan yang adil terhadap kaum perempuan sebagai makhluk Allah SWT. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam. Kali ini, tanya jawab seputar Islam berbicara mengenai pandangan Islam terhadap feminisme.

Tanya
Bagaimana Islam memandang paham feminisme?

Jawab
Narasumber: Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA


Ass. Wr. Wb.

Apa yang dimaksud dengan feminisme? Feminisme adalah sebuah paham yang memperjuangkan kebebasan bagi perempuan untuk tidak dieksploitasi, tidak dimarginalisasi, dan tidak dijadikan objek kekerasan laki-laki.

Paham ini berkembang di dunia Barat dan juga dunia Muslim. Pada dasarnya, apa yang diperjuangkan oleh feminisme itu memiliki persamaan dan prinsip-prinsip dengan apa yang diperjuangkan oleh Islam.

Di dalam Islam, feminisme dipandang sebagai upaya untuk melakukan penyetaraan dan perlakukan yang adil terhadap kaum perempuan sebagai makhluk Allah SWT.

Sebagian cendekiawan Muslim dan ulama berpendapat bahwa feminisme tidak menjadi masalah bagi Islam. Pasalnya, prinsip yang diperjuangkan oleh feminisme memiliki titik temu dengan teologi Islam. Terutama teologi yang ingin menciptakan kehidupan yang adil dan setara antara laki-laki dan perempuan.

Sudah barang tentu ada aspek-aspek di mana feminisme menjadi persoalan dan masalah bagi teologi Islam. Masalah terjadi apabila feminisme berkehendak untuk melakukan supremasi dan eksploitasi terhadap lawan jenis kelamin, yang dalam hal ini adalah kaum laki-laki.

Feminisme seperti demikian tidak sejalan dengan cara pandang Islam. Pasalnya, cara pandang Islam menginginkan antara laki-laki dan perempuan berinteraksi secara adil, setara, dan manusiawi.

Wass. Wr. Wb.

[Gambas:Video CNN]

(asr)