Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar?

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 04:01 WIB
Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar? Ilustrasi. Lailatul Qadar memiliki keutamaan sebagai malam yang lebih baik dari seribu malam lainnya. (Anadolu Agency/Khalis Surry)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam. Kali ini, tanya jawab seputar Islam berbicara soal cara mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar.

Tanya
Apa saja keutamaan malam Lailatul Qadar dan bagaimana cara mendapatkannya?

Jawab
Narasumber: Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA


Ass. Wr. Wb.

Di dalam Alquran, Lailatul Qadar secara spesifik disinggung oleh Allah SWT. Lailatul Qadar memiliki keutamaan sebagai malam yang lebih baik dari seribu malam.

Para ulama berpendapat, untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar, maka kita harus mempersiapkan diri. Misalnya dengan memahami dan mengerti kapan Lailatul Qadar itu muncul.

Para ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar datang pada paruh akhir bulan Ramadan dan biasanya pada malam ganjil.

Kita harus mempersiapkan mendapatkan Lailatul Qadar dengan meningkatkan mutu dan kualitas puasa kita. Tak hanya puasa lahir, tapi juga puasa batin. Puasa lahir adalah kemampuan untuk menjaga diri dari godaan makan, minum, dan lain sebagainya. Puasa batin adalah bagaimana kemampuan kita mengendalikan nafsu yang bisa menyebabkan kesempurnaan puasa berkurang.

Kita juga perlu meningkatkan ibadah di luar puasa seperti sedekah, membaca Alquran, salat malam, dan lain sebagainya.

Apabila kita sudah mampu mempersiapkan ini, insya Allah kita akan mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar yang kita dambakan dan inginkan.

Jika kita mendapatkan Lailatul Qadar, maka itu merupakan rahmat dari Allah SWT.

Wass. Wr. Wb.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]